Skip to main content

Featured

GIMANA SIH CARA PAKAI MASKER YANG BENAR SUPAYA EFEKTIF MELINDUNGI? - SERBA SERBI DUNIA MASKER

 GIMANA SIH CARA PAKAI MASKER YANG BENAR SUPAYA EFEKTIF MELINDUNGI? - SERBA SERBI DUNIA MASKER Sebuah materi edukasi kesehatan oleh Eunike Galuh Saputri, SKM Apa sih fungsi masker itu? Masker berfungsi jelas ya, untuk MELINDUNGI kita hari partikel2 kecil yang bisa berbahaya untuk kesehatan. Contoh, debu, bakteri, virus, kuman, dll Apa saja jenis2 masker yang ada di dunia ini? •       Ada banyakkkkk, tapi gimana cara milih yang benar dan yang paling efektif untuk melindungi kita? •       Yok kita langsung ke jenis2 masker…. 1.       Masker Kain ·          Dapat dibuat dari berbagai macam jenis kain, dan oke2 aja sih. Tapi ada beberapa hal yang harus temen2 perhatikan dalam memilh masker kain ·          Carilah masker kain yan berlayer/berlapis ·          Carilah yang tidak membuat temen2 sesek atau susah napas ·          Carilah masker yang pas menutup hidung, mulut, hingga dagu ·          Cari masker yang ada kawat hidungnya ·          Masker tidak nerawang ·          Jenis masker kai

Cerita Anak Magang - Magang di KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan)

Halooo :D
Eunike is back. Eu balik bawa cerita magang yang seru. Yaaa menurut gue seru sih. Kalo nanti menurut kalian biasa aja, yaudahlah. Bhay! Berhubung magangnya sudah selesai, laporannya sudah selesai, tinggal nunggu revisi kalo ada yang perlu direvisi. Semoga kaga banyak2 yes, ucing pala ebi ntar :p

Okayy... Jadi gue magang selama 5minggu di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Semarang. Gue magang bersama 8 mahasiswa lain anak FKM juga, jadi total 9mahasiswa sama gue. Jadi 4 orang dari KL, 5orang anak Epid. Dan di 2minggu terakhir ketambahan anak universitas sebelah. Hahaha :D Okay, jadi kami sistemnya di rolling, tiap minggu ganti2 masuk ke tiap2 seksi. Kan di KKP ada 3 seksi tuh. Ada UKLW, PRL, sama PKSE. Jadi kami ganti2an. Daaaan... ternyata kami diacak untuk pembagian per-Sie-nya. Gue sama anak Epid. Namanya Ipeh.

UKLW.
Di minggu pertama, gue  magang di Sie UKLW. What is UKLW? Upaya Kesehatan Lintas Wilayah. Ngapain aja tuh tupoksinya? Intinya, hahhaaa gue males jelasin pake penjelasan bertele-tele. Disini tempat upaya kesehatan untuk lintas wilayah. Jadi kalo misal mau ke luar negeri, ada lho yang harus diurus ke KKP. Apalagi kalo mau ibadah haji. Wajib tuh ngurus surat kesini. Surat apa itu? It’s called, ICV (International Certificate of Vaccine) alias buku kuning alias buku vaksin internasional. Karena ada beberapa negara yang diwajibkan untuk vaksin. Misalnya vaksin meningitis untuk yang mau pergi haji/umroh. Atau yellow fever.

Hal yang ga gue lupain di minggu pertama adalah masuk ruang penyimpanan vaksin yang suhunya 20C. Ngapain sih? Ngitung vaksin. Asli itu bikin frozen broo. Meskipun udah pake jaket tebel tetep aja, dingin banget. Padahal gue ada alergi dingin, jadi langsung bersin2 gitu kalo ada di suhu dingin dalam waktu lama. Nah, abis masuk di freezer tuh, kaga kenapa-napa. Awalnya ya. Wah udah seneng tuh gue. Dan dengan bangga bilang sama si Ipeh, “Wah Peh, kayaknya gue udah kebal sama udara dingin deh. Gue udah kaga meler2 nih.” Nah, kekurangberuntungan gue, ternyata itungan vaksinnya salah, dan harus itung ulang. Oh my God. Masuk freezer lagi. Baru beberapa menit nih, aku merasakan ada air yang mengalir keluar dari lubang hidung. Haiiss. Jijik?? Gue aja jijik brooh. Hadeeww -_- malu lah weiiy, udah sok-sokan kuat, ternyata masih meler aja. Dan malemnya flu hahhaaa :D Tapi paginya udah sembuh kok. Kan Cuma efek suhu doang ye kan. Yaaa beginilah diriku.

Di minggu pertama kami juga dapet yang pengujian makanan, jadi kami ambil sampel makanan buat di uji secara mikrobiologi. Tapi uwe adanya foto yang uji kimiawi, wkwkwk :D soalnya kalo yang mikrobio di lab broohh...ya udah lah ya gapapa


PRL.
Di awal masuk Sie PRL kami masih berurusan dengan data. Jadi kami bikin diagram -_- Dan kabar bahagia seketika ketika salah satu staf bilang, “Dek, siap2 yaa nanti ikut inspeksi kapal.” Kalimat singkat yang bikin gue dalem hati jejingkrakan girang. Woohhh... gue sama si Ipeh lirik2an mesra penuh kebahagiaan. Wakakaaa :D Finally maaan, inspeksi kapal, setelah seminggu lebih magang di KKP belum naik kapal -_- Okay, kami naik kapal penumpang bendera RI, dalam negeri. Jadi kami menginspeksi sanitasinya. Kami ngecek ruang medis, cek obat2annya, cek peralatan pendukung untuk perawatan medis disana, terus kami ke ruang dapur sama penyimpanan makanan. Waktu itu pas puasa brooh, trus ada crew lagi goreng tahu. Duuhhh.... kalo lagi puasa emang yaaa... lihat orang goreng tahu aja jadi berasa laper. Okay #ignore

Di PRL kami juga melaksanakan inspeksi makanan, pengujian makanan. Kebetulan kami ikut dua kali, ada pengujian mikrobiologisnya sama kimiawinya. Untuk yang mikrobio itu diuji tuh makanan mengandung bakteri apa aja, misal bakteri yang bahaya itu kayak salmonela, e. Coli, dan kawan2nya. Kalo yang kimiawi itu kita menguji kandungan rhodamin b, boraks, formalin. Seru? Seru banget lahhh. KL banget soalnya hahahaa :D


PKSE.
Sie paling asik sih ahahha :D karena lokasinya di kawasan pelabuhan tanjung mas. Dan dekat dengan laut. Dan pelabuhan. Dan kapal. Bisa boarding alias inspeksi kapaaallll yeiiyyy :p :p Di PKSE kami belajar cara mengeluarkan surat ijin berlayar, baik itu untuk kapal dalam negeri, maupun luar negeri. Terus pas selama kami di PKSE, ngga tau kenapa gue sama Ipeh menganggap kantor di pelabuhan itu kayak rumah sendiri. Dan kayaknya Cuma kami berdua yang berani masak di dapur kantor ahahaa :D kocak banget dah. Dibela-belain bawa mie sama telor dari kosan, buat dimasak di kantor. Abis itu ternyata kami dapat jatah makan -_- ahahaa nggapapa lah, kan bisa buat sore, jadi bisa hemat. Gitu. Otak anak kosan emang gini nih, prinsip ekonomi mainnya. Hahahaa :P 

Okayy, wah seneng tuh ada jadwal kapal asing boarding. Dari Singapura, miliknya pertamina. Dan itu di tengah laut wihhh mantep ngga tuh. Pasti keren banget. Sayangnya, batal ikut. Karena kapalnya ngaret dan perjalanan ke tengah laut itu ngga sebentar, butuh 3 jam. Wedyaaan. Yaudah ga jadi ikut. Awalnya jam 15.00 kan, tapi ternyata jam 22.00 baru sampe yang tengah laut. -_- ya kali bung. Ahhh, tapi cukup terbayar setelah ikut boarding MV. Kanway Galaxy, bendera Panama, dari Singapura, crew orang Vietnam sama Singapura, Kaptainnya orang Taiwan -_- Okeyy. Dan kami ngomong pake bahasa inggris asal paham. 
ini foto pas gue lagi inspeksi kapal layar motor. Btw, ini bapaknya sangat sadar kamera ya cckckckk

Pengalaman boarding kapal asing
MV. Kanway Galaxy, Panama, from Singapore
Pas sampai Terminal Peti Kemas, gue merasa ngeri. Hahaha. Kenapa? Karena faktor resiko kecelakan kerjanya tinggi disini (tuh anak K3). Naik ke kapal. Ngeri juga. Tangganya goyang2 dan pegangan tangannya dari tali yang kotor -_- hadeww ngeri takut jatuh, kan owe juga ada ketakutan sama ketinggian. Rada takut sih. Bukan rada. Tapi emang takut. 

Okay masuk kita dikasih ID card sebagai tanda pengenal, dan auranya langsung meminta guebuat berfikir dan ngomong pake bahasa inggris. Padahal crewnya ngomong pake bahasa apa coba? BAHASA CHINA. Bayangin. Gue udah kayak tersesat di negeri yang entah pada ngomongin apaan. 

Nahh, kita masuk kapal dan langsung ke ruang kapten. Ketemu Kapten Chen. Bukan, dia bukan Chen yang personil EXO. -_- Namanya Chen Cheng Shien ahh itu pokoknya. Sampai disana kami duduk, iyalah masa mau berdiri terus, capek wak. Terus dikasih minum air putih sama coke. Trus seorang crew datang bawa 2 BOTOL WHISKEY. Ajiiib. Setelah melihat beberapa dokumen lalala lilili akhirnya kami inspeksi ke dapur, penyimpanan makanan sama ruang medis, seperti biasa. Diakhir kami foto bareng. Dan gue sepanjang di kapal pake bahasa inggris asal paham. Wkwkwk :p cuman gue ga banyak ngomong sih, soalnya ada staf yang udah banyak ngomong wkwkwk :p Pas pamitan, ternyata kaptennya orang taiwan. Dan gue dengan sok ngga tau malu bilang, “ Xie xie, Capt.” Dan pak Chen bilang, “Ya, terima kasih.” Selebihnya gue ga paham dia ngomong apa pake bahasa china. 

Coba dia orang Korea, mungkin gue bakal lebih berani banyak ngomong. Perkenalan doang sih hahhaa. Annyeong haseyo. Joneun Unik-imnida. Mannaseo bangapseumnida. Gamsahamnida. Udah gitu doang hahaha :p Oh ya, bagaimana kabar whiskey? Ga jadi. Orang bapak staf minta diganti sama rokok -_-

sayang sekali ngga sempet foto di atas kapalnya hohoo

MV. Trade Star, bendera Panama, from Ausie, crew semua orang Filipina, milik Jepang
Ini adalah boarding ilegal gue sama temen gue namanya Kitin. Kenapa? Karena kami haus akan boarding wkwkwk :p KAGAK. Kami punya motivasi yang berbeda mungkin. Kalo gue jelas, gue pengin nambah pengalaman masuk kapal asing selain Kanway, karena kapal Kanway mendarat tiap hari jumat, jadi ahh biasa ajaahh.  So, gue pengin ngerasain boarding kapal asing selain si Kanway. Dan kebetulan, pas hari minggu ada kapal asing dari Ausie mendarat brooh. Okeyy fix, gue pengin ikut. Sedangkan si Kitin, temen gue, ngebet banget pengen dapet whiskey. Hahahaa :D asli gue juga pengin. Tapi bukan berarti gue doyan mabok2an yaaa. -_- Gue pengin jadiin si whiskey sebagai kenangan, kenangan terindah, bersama mantan...............mantan kapal yang pernah gue inspeksi. Ahh elahh, denger kata mantan aja langsung pada baper -_- Kalo gue jujur, pengin coba sih si Whiskey kayak gimana rasanya, coba doang sekali abis itu udah, buat pajangan aja, biar kelihatan keren. 

Jadi, pas ada orang masuk kamar gue, mereka akan tertegun kaget dan tak menduga, “Wah,, Unik ternyata punya whiskey.” Dan mereka akan berfikir gue itu “garang” ahahahaa :p I AM A BAD GIRL. Terereng teng terereng teng *nyanyi lagunya GD. GOOD BOY*

Karena gue kadang ngga bisa mengekspresikan “kegilaan” yang udah ada dalam darah gue karena image gue yang katanya “holy”. Padahal mah holy apaan? Holy night? Gue mah rusak sebenernya. Tapi kemudian Tuhan mengubahkan gue, sehingga gue makin rusak. YA ENGGALAH. Gue aslinya baik, tapi ngga sebaik yang kalian bayangkan. Masih banyak bobroknya gue yang mungkin kalian belum tau. Ini gue bikin blog juga pengen jujur terhadap diri sendiri, kalo gue itu somplak asli. Ngga boong. *kenapa jadi bahas beginian dah -_-

MV. Trade Star. 
Kapal yang bawa gandum, jadi dia sandar di pelabuhan sriboga, pabrik tepung. Noh, kapal aja ada sandarannya, masa kamu engga? Kamu? Iyaa... kamu. Ih... orang gue aja kaga ada sandarannya. Udah diem, masih jombs nih. Wkwkw :p *lahh katanya udah ada laki?* *ah Unik mah sensasi doang, biar followersnya nambah huuuu :p SERAHHH SERAHHH #IGNORE

Kami boarding hari minggu, jadi, kami mengorbankan waktu istirahat kami demi inspeksi ilegal ini. Karena berada di luar jam magang kami. Tapi sebenernya dari pihak KKP boleh2 aja. Pagi2 benar gue ke gereja, menjalankan ibadah gue, kaaan gue tuh rajin ibadah tau. wkwkwk :p meskipun otak gue rada somplak. Ingat, Unik, bukan rada, tapi emang somplak. Terus abis gereja gue langsung ke semarang bawah karena ada ketemu sama pemimpin rohani gue *swiiiiing* *holy holy holy* ketemu pemimpin rohani maaan. Plisss, gue ngga seholy itu. Gue masih somplak dan gue ketemu pemimpin rohani demi masa depan yang lebih baik. Gue mau bikin somplak yang tetep rohani. Biar gue rada ga beres otaknya seengganya gue ngga mau melanggar perintah Tuhan. #CIAAAAA tuh kan holy gue. Ahhh.... au ah.

Kami jadwal boardingnya jam 12.00, jadi jam 11.30 kami udah di kantor pelabuhan. Okayy... di tengah terik matahari kami boarding. Wiihhh panasnya brooh. Jadi kami ngga di terminal penumpang ataupun di peti kemas, tapi kami di terminal sriboga pabrik tepung. Berbicara mengenai faktor resiko, cukup besar, tapi ngga sebesar di peti kemas. 

Begitu kami masuk kapal, hemmm tangganya better lah ya daripada yang di Kanway. Seperti biasa ada ID card dan kami ngisi absen pengunjung. Inspeksi kali ini rada bingung karena kok banyak orang yang masuk hahhaa :D Ternyata emang gitu weiiy, karena ini kan bawa gandum hasil pertanian, jadi ada dari pihak dinas pertanian yang ikutan inspeksi. 

Okay setelah ngurus kelengkapan dokumen lalala lilili, akhirnya inspeksi. Seperti biasa kita ke dapur dulu. Hemm... bersih bagus, ada crew yang lagi mamam wkwkwk :D terus masuk ruang penyimpanan yang dingin seperti biasa, apalagi yang tempat penyimpanan daging, asli itu freezer. Yang menarik adalah, di ruang penyimpanan bahan makanan kering, gue kan cek expired nya tuh yaaa biasa sih. Nah yang luar biasa, kapal ini ternyata banyak menggunakan produk indonesia. Air minumnya aja merk CLUB. Terus ada INDOMIE RASA KARI AYAM. Gue bilang lah sama crewnya, “Its from Indonesia right?”............ “wah pak, gue juga sering makan ini di kosan, enak banget kan ya?” versi asli dalam bahasa inggris asal paham. Terus ada susu DANCOW. Hahahaa gue mulai berfikir, ini kapal emang cinta sama produk indonesia kayaknya ahahaa :D BAGUSS.   

Terus staf KKP yang paling the best, Pak Lilik, kan ngobrol tuh sama crew kapalnya, eh bilang, 
“diluar cuacanya panas banget.” 
Terus si Kitin bilang, “kalo minum es krim enak nih.” 
Dalam hati bilang, ini kode nihhh jelass kode parah. 
Dan crew nya menangkap kode itu. “Okay pak, gua kasih es krim dahh.” 
Dan di ambil satu balok es krim DIAMOND RASA VANILLA CHOCOCHIP. 
“wah, yakin nih pak mau ngasih segedhe ini? Kapten udah ada jatahnya belum?” 
crewnya bilang, “Udah pak seloow, buat adek2nya aja.” 
“Cuma buat adeknya nih pak?” 
“of course with you, sir. You must share together.” 
Ahh elahhh...... baikk banget dah bapak ini. Gue lupa sih nama bapak crewnya yang baik hati itu. Orang Filipina brooh. Mereka logatnya aneh kayak keindia-indiaan. Kemaren pas di Kanway mereka ngomong china aja kaga paham, ini mereka ngomong Filipina -___- sedih uwe, kagak paham mereka ngomong apaan


eskrim hasil berburu ubur2 wkwkwwk :DTerlihat jelas saya yang menghitam dan kemudian berjerawat. Sungguh baiqq sekaliiii

Pengendalian Lalat
Kali ini apa lagi? Kami akan berburu lalat. Hahaha :D Buat diapain? Dibikin rempeyek lalat. *hiyuuuhhhh* YA ENGGA LAH. Kami mau menghitung kepadatan lalat di sejumlah TPS di sekitar pelabuhan. Jadi ada dua TPS yang kami akan hitung, di TPS di pelabuhan sama di TPS perkampungan. Caranya gimana? Pake metode fly grill. Bukan fly girl, apalagi PLAYGIRL. IT IS A BIG NO. Dihitungnya adalah berapa lalat yang menghinggapi fly grill itu.

Jadi fly grill itu apa? Dia adalah semacam bentuknya kayak pager garis2 dari kayu yang di cat warna kuning. Kenapa? Yaaa gitu ketentuannya, mungkin lalat menyukainya? Atau entahlah. Terus diletakkan di tempat yang banyak lalatnya. Dihitung selama 30 dtik sebanyak 10 kali, 5 angka tertinggi dirata-rata, nanti kita akan tau itu hasilnya tinggi apa gimana. Dan ternyata hasilnya tinggi sodara. Iyuuuhhh, gue sebenernya rada risih kalo ke TPS. Meskipun udah biasa ngerajang sampah pas bikin kompos, tapi tetep aja broohh gue manusia normal yang benci dengan kekotoran huaaa. Tapi yaudahlahya, tuntutan profesi ini -_-


 ini lokasi pertama di TPS Pelabuhan, bauuuuu bangeeettttt makanya gue rada menjauhh hahaa :p
ini yang kedua di TPS Desa, mending sih, jadi gue yang kerja wkwkwk

Pengendalian Tikus
Nah lhoo, lalat mah masih cemen, ini tikus brooh. TIKUS. Temen gue tanya, itu nangkepin tikus buat diapain? Gue jawab, “DIBIKIN SATE” jihahhaa :D YA ENGGALAH. Hari pertama masang perangkap tikus dari terminal penumpang, sama di perumahan warga. Asli itu matahari kayak ada dua di atas kepala gue. *LEBAY* Tapi panas banget asli brooh. Udah panas, debuan, gosong gue gosong, gimana jerawat gue ngga bertumbuh subur tuh -_- ampuni akuuuu ;’(

Hari kedua kami berburu ubur2 wkwkw :p berburu tikus cooiyy. Dan gue seneeeng banget ketika perangkap yang gue pasang dapet tikus, dan itu tikusnya gede. Merupakan suatu kemenangan. Asli. Gue juga emang ngga jijik sama tikus sih, jadi gue bawa perangkap yang udah berisi tikus juga biasa aja. Hahaa :D soalnya dirumah gue banyak tikus jadi udah kayak temen. Temen lho. TEMEN. Jadi Cuma temen doang? Padahal kan udah sayang. *IGE MWOYAAAA* 

Tikusnya diapain? Jadi  setelah tertangkap, tikus di bius sampe mati pake kloroform. Itu mah namanya bukan dibius, tapi dibunuh emang. Abis itu diidentifikasi sama disisir buat dicari pinjalnya. Tikus disisir, aku ga pernah. Masa elu mau disamain kayak tikus? Kamu kan lebih jauh berharga daripada seekor tikus yang cuma aku sisir. Kamu itu aku cintai, aku sayangi lho. Jangan iri sama tikus lahh wkkwwk :p KACOOO.
Dan ini diaaa....


LAPORAN
Okay, gue nulis postingan ini aja udah berasa kayak nulis laporan coiy. Hahaaa :D di minggu terakhir suasana memanas karena laporan sih ya. Ya udahlah. Gitu pokoknya. Ya gitu gimana -_- halahhh jangan memperdebatkan “ya gitu” lagi. Dan malam terakhir kami nginap bareng dikosan gue buat ngerjain laporan. Ada Kitin, Elisa, sama gue. Aturan ada satu orang lagi namanya Diah tapi dia dengan tanpa berdosa bilang ketiduran. It is little thing called KETIDURAN. Kesel sih gue. Ini laporan kelompok woeiiy, ini malam terakhir besok laporan dikumpul dan elu bilang KETIDURAN. Sedihh wak sediiihh. Tapi yawes lahh yawes wes -_-

Ketika malam berlalu dan dinding2 kamar menjadi dingin, ada suara yang menyerukan... halah sok horor. Tapi emang horor sih. Eh bukan, ini kocak sih. Entah kenapa ya, tiap kali gue bobok sama orang pasti ada aja yang NGOROK. Fix itu ngeselin. Bikin tidur ngga nyenyak. Pas gue bobok berempat, yang ngorok si dia, untung gue goyang badannya langsung berhenti, abis itu ngorok lagi -_- tapi Cuma bentar terus engga, jadi langsung berhenti. Pas gue bobok sama anak2 satu organisasi, si loli yang ngorok, dan itu TEPAT DI SAMPING GUE. Sumpah gue emang kurang beruntung kalo masalah pengorokan ini. -_- si dia juga tidurnya TEPAT DISAMPING GUE. Kan telooo. Ngorock maaan -_-

Dan dimalam ketika kami sama2 ketiduran setelah kami mengerjakan laporan sambil dengerin lagu pantura dangdut koplo yang judulnya MBLEBES itu. Hadeww.... si KITIN NGOROK. Kenceng banget, tong. Telo tenan. Awalnya aku diemin, tapi jadi berisik ga bisa tidur awak weee. Abis itu, yaudah gue goyangin badan, untuk sementara waktu berhenti, tapi kemudian NGOROK LAGI. Jaaaannn. -_- makin kenceng weeiiy. Yaudah gue diemin. BODO AMAT. Eh udah berhenti ngoroknya. Tiba-tiba ada suara cekikikan ketawa... asli serem ngga tuh?! SI KITIN KETAWA CEKIKIKAN brooh. Ternyata dia NGELINDUR. Oh my to the God. -_- ini makhluk jenis apa sih? Spesies langka perlu dilestarikan kayaknya. Gue sama Elisa bangun, dan gue bilang, “El, kok si Kitin serem ya...” udah abis itu tidur lagi. Oh Tuhan, emang deh luar biasa temenku yang satu ini.

Dan kami bangun jam 04.00 buat sholat. Iya. Yang sholat Elisa. Terus ngerjain lagi sampai pol 05.30. Elisa sama Kitin balik ke kosan mereka buat siap2 ke tempat magang. Dan gue tidur lagi sampai jam 6. BODO AMAT.

beginilah kondisi mengenas kan kami..... Btw, ini tidak adil, ini yang foto-in temen gue yang namanya Kitin yang NGOROK dan CEKIKIKAN PAS TIDUR -_- untung ga kelihatan mukanya yaaa... hahaha aib aibbb

Yaaa.... beginilah kisah anak magang (mahasiswa gangguan). Gangguan makan,gangguan tidur, gangguan otak, gangguan hati, karena kami jomblo. Ahh... jangan lah. Jombo itu bahagia kok. Yang rada ngenes tuh yang lagi menunggu kepastian. Wahhhh.... sudahlah, sudah pasti kok. Pasti galaunya. NGGA. Pasti jomblonya. Wkwkwkwk :p ingat. Semua kan jomblo pada waktunya. Eh BUKAN. Jodoh pasti bertemu, mblo. Tenang sabar istiqomah. :D :p

Sekian cerita dari Eu yang super ini. Sebenarnya masih banyak hal yang belum diceritain, tapi kalo diceritain semua jadi berlembar-lembar dan sangat membosankan. Ini aja udah bikin bosen wkwkwk :D maapin ya. Semoga sharing tentang magang kali ini bermanfaat. Yaaa diambil manfaatnya, hal2 yang ngga penting ya ngga usah diambil hati. Maklum kan namanya aja somplak -_-


Salam unyuuus :D

btw, jijiq batss muka uwe ya ampunn -_-

Comments

  1. Wah keren ... kalo dari awal udah di tampa sama tuntutan yang besar jadi udah kebiasa sama segala tuntutan di dunia ini haha. Bisa banget nih perusahaanya buat masang sistem ERP terbaik buat ngembangin usahanya.

    ReplyDelete
  2. Hai Kak Yoo Ni Ke, perkenalkan aku Ella. Aku tertarik banget dengan tulisan kakak di atas, tentang CERITA ANAK MAGANG - MAGANG DI KKP (KANTOR KESEHATAN PELABUHAN). Pengalaman magangnya terlihat seruuuuu.
    Btw kak, aku mahasiswa semester 6 yang akan melaksanakan kegiatan magang. Aku dan team juga tertarik untuk magang di KKP Semarang. Oleh sebab itu, bolehkah aku dan team mengobrol lebih lanjut dengan kakak?
    ini IG aku kak @lee_h402.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts