Skip to main content

Featured

GIMANA SIH CARA PAKAI MASKER YANG BENAR SUPAYA EFEKTIF MELINDUNGI? - SERBA SERBI DUNIA MASKER

 GIMANA SIH CARA PAKAI MASKER YANG BENAR SUPAYA EFEKTIF MELINDUNGI? - SERBA SERBI DUNIA MASKER Sebuah materi edukasi kesehatan oleh Eunike Galuh Saputri, SKM Apa sih fungsi masker itu? Masker berfungsi jelas ya, untuk MELINDUNGI kita hari partikel2 kecil yang bisa berbahaya untuk kesehatan. Contoh, debu, bakteri, virus, kuman, dll Apa saja jenis2 masker yang ada di dunia ini? •       Ada banyakkkkk, tapi gimana cara milih yang benar dan yang paling efektif untuk melindungi kita? •       Yok kita langsung ke jenis2 masker…. 1.       Masker Kain ·          Dapat dibuat dari berbagai macam jenis kain, dan oke2 aja sih. Tapi ada beberapa hal yang harus temen2 perhatikan dalam memilh masker kain ·          Carilah masker kain yan berlayer/berlapis ·          Carilah yang tidak membuat temen2 sesek atau susah napas ·          Carilah masker yang pas menutup hidung, mulut, hingga dagu ·          Cari masker yang ada kawat hidungnya ·          Masker tidak nerawang ·          Jenis masker kai

Apa itu FKM? FKM adalah....


Bingung milih jurusan kuliah?
Yang sudah di FKM...
Bingung milih peminatannya?

oke selamat datang di blog abal2 ini, yang bakal menjelaskan semampunya dengan sepenuh hati
*serahhh looo dahhh

Iye gini lah... gue jelasin... S.KM itu Sarjana Kedokteran Masyarakat. Ehh... maksa banget ya. Sarjana Kesehatan Masyarakat. Akhirnya gue jujur juga sama kalian. Gue jamin pertama kali denger namanya pasti bingung. Ini jurusan apa?? Ntar kerjanya ngapain?? Tukang puskesmas kah?? Elahh... dibilang tukang, noh.. tukang tambal ban! -_-
gue sering banget punya pengalaman yang tidak begitu menyenangkan ketika gue memperkenalkan fakultas gue. nih gue kasih contoh,
orang lain : "jurusan apa?"
gue : "kesehatan masyarakat."
orang lain : "ohh... perawat ya??" atau nggak, "bidan desa??", yang lebih mending "pegawai puskesmas ya" dan yang paling parah.
"jurusan apa tuh? Gue gak pernah denger."
lo tau rasanya??! ini nih, sampe deket  gue ada hape, pengen gue banting. Tapi sayang ya, HP gue masih kepake, mana belom lunas lagi. Haha gile.. mana ada HP kredit.
Oh eM Ji Heloooo.... sakitnya tuh disini (tunjuk dengkul, biar beda). 
Udahlah nasib kita orang kek gitu terus. Dan karena gue sering digituin, dan gue udah sakitnya dimana-mana, so, gue gak mau pengalaman pahit itu terulang, akhirnya gue memutuskan untuk bilang, "FK" doang, "M"nya di dalem hati. Atau nggak, bilang aja, "jurusan kesehatan" terserah mau bilang perawat kek, bidan kek, dokter kek, terserah. Asal kaga dukun beranak -_-

Jujur ye. Gue dulu juga kaga kenal sama tuh jurusan. Tapi gue dikenalin sama bokap dan guru BK SMA gue. Jadi.. lumayan terbuka gitu lah pikirannya. Dan sekarang gue udah mudeng kek mana itu FKM atau S.KM atu KM KM yang lainnya itu lah. Beuhhh... kalo gue bisa milih nih, mending sekalian ke FK. Kedokteran maksudnya. Enak kan. Yang dipelajari cuma tubuh manusia doang. (tapi teteplah, namanya kedokteran kalo kaga kuat bikin botak) Kenapa?? Karena... belajar di FKM itu bikin pusing. Gimana kagak pusing?? Mata kuliahnya aja kagak jelas. Ehhhhh.... bukan gitu ya. Hampir semua aspek kehidupan harus kami kuasai. Semua-mua-mua-mua-nyaaaaa. Mulai dari yang nyerempet kedokteran, anatomi fisiologi, masalah lingkungan, kesehatan pekerja, bahkan manajemennya, sampai ilmu sosial komunikasi bahkan kami harus belajar kewirausahaan. Gaje banget ga sih, lay. Mbuh lah opo wae kuwi.... buanyakk bingitss.
yah.. tapi gue bangga kok. Dengan begitu kami adalah calon istri yang baik karena tau semua-mua-nya. Hahahaa... :D #menghiburdiri
Okey. Gue jelasin ya. Di FKM itu secara garis besar ada beberapa dasar yang emang harus dikuasai. Dan nantinya di semester 6 akan jadi penjurusan/peminatan kami. Jadi, FKM itu masih ada jurusan2nya. Jurusan Semarang-Jogja, Jurusan Surabaya-Singapura (semoga ngga kecelakakan ya). Oke balik ya. 

Epidemiologi dan Penyakit Tropik 
Ini menurut gue dasarnya ya. Dengan matkul anakan dari bagian ini, kita akan tau penyebaran penyakit dan penyakit apa aja sih yang perlu segera ditanganin. Beuhh... mata kuliahnya... jangan tanya. Lo harus kuat hafalan. CATET!

Masuk bagian ini enak sih kedepannya, soalnya Epid kan emang dasarnya. Semua masalah kesehatan biangnya ya Epid. Haha berarti kesimpulannya Epid adalah sumber masalah. Sumpah kagak bro. Maksud aye, semua masalah kesehatan, ntah itu kesehatan lingkungan, gizi, promosi kesehatan dan lainnya, ketika mau menangani suatu penyakit kan harus tau dasarnya dulu toh. Harus tau gimana patologisnya, gimana penyebarannya, siklusnya. Kemana lagi nyarinya?? Emboknya Public Health ya Epid.

Nah, di dalem bagian ini masih ada cabangnya, yaitu ENTOMOLOGI. Lebih mempelajari tentang vektor penyakit. Kerjaannya cari nyamuk, tikus, dan vektor lainnya. Kalo saya mah ngga kuat deh. Mending bagian yang lain aja. Tapi buat kalian yg suka petualangan dan challenge, ini cocok. Anti mainstream bro.

Promosi Kesehatan a.k.a Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku 
Ini juga pondasi dari FKM. Dan sebenernya, menurut gue, peminatan ini lebih tepat pake nama yang kedua. Entah kenapa di ganti promkes segala. Ahh mungkin lelah. #ignore karena pada dasarnya FKM emang promosi kesehatan. Kan FKM or Public Heath itu semboyannya, “Prevent, Promote, Protect” bukan merk pembalut.

Jadi, FKM secara keseluruhan emang gimana caranya biar masyarakat kagak sakit. Dulu nih, dulu banget. Kesehatan masyarakat masuk ke fakultas kedokteran. Harusnya sih gitu. Biar kalo gue ditanya fakultasnya, kan keren. Fakultas apa? FK!! Wuihh.. harga diri gue naik ke tiang bendera. Tapi ternyata Kesehatan Masyarakat sudah dewasa dan memilih untuk hidup mandiri. -_-

Okey, balik lagi ya.  Intinya bagian PKIP ini kerjaannya ngomong terus. Buat mereka yang hobi nerocos dan doyan ngomong. Noh, masuk sini aje. Cocok. Biar ocehannya ga mubajir juga. Kalo masuk PKIP kan lumayan menyuarakan kesehatan. Mulia kan gaess.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 
Ini nih peminatan paling populer. Paling banyak diminati. Paling banyak duitnye. Kalo yang masuk sini nih, calon-calon kerja di pertambangan, skk migas, pertamina, yang gedhe2 lah. Kalo sukses pinter dan beruntung.

Ngapain kerjaannya?? Menyelidiki, mencegah dan mengatasi hazard/bahaya yang ada di lingkungan kerja. Seru sih mata kuliahnya, soalnya kita bisa langsung praktek gitu gaess. Gue awal2 sempet ngelirik, tapi gue nyadar gue tidak terlalu tangguh buat jadi K3. Kenapa?? Anak K3 harus tahan banting men. Ude kayak anak teknik lah pokoknya. Buat kalian yang menye2 jangan harap bisa kuat masuk K3. Lu ketemu matahari aje cari payung, gimane kerja di lapangan?? No rok. Maksudnya, cewek dilarang keras pake rok. Kenapa?? Menimbulkan hazard gaess. Keserimpet, kesandung, jatuh, nah lho. Padahal kerja di lapangan yang kita ga tau bahaya apa aja yag ada di dalamnya. Siapa tu kesrimpet terus jatuh di bawah ada cairan kimia berbahaya. Apa ngga jadi Final Destination tuh.Pokoknya K3 mah harus tangguh.

Kesehatan Lingkungan
Ini nih peminatan gue. Ini juga banyak peminatnya. Lebih banyak dari K3 malah. Kenapa?? Saya juga ngga tau. Mungkin lebih banyak orang2 yang berhati mulia mencintai lingkungannya. Yuhuuu.... pada dasarnya, anak FKM itu ga usah khawatir cari kerja. Kerja dimana aja, ga ada ilmu yang terbuang sia-sia. Semuanya kepake. Yakin deh. Kesling juga kek gitu. Tapi ntar ga jauh2 sama barang kotor. Sampah lingkungan yes, bukan sampah masyarakat -_-

Buat anak kesling, kalo ga suka lihat sampah dan yang kotor2, mending ga usah masuk kesling. Ya... paling gak belajar buat melihat yg kotor2 dulu lahh. Kali aje lu terbiasa lihat yang bersih2. Karena bersih tercipta setelah ada kotor. Habis kotor terbitlah bersih dan sehat. CATET!!

Biostatistika dan Ilmu Kependudukan 
Beuhh... namanya aja udah ngeri bro. Kek mana makulnye. Beuhh... ekstrim bro. Itung2an, statistika getoohhh, ada teknologi informasi juga, haduhh ngeri lahh. Tapi serunya ada kesehatan reproduksi disini. Haha. Kan masuk ilmu kependudukan bro. Masalah KB lahh, ledakan penduduk, kontrasepsi. Oh my... keren ga tuh.

Menurut gue, biostat itu peminatan keren tapi ngga tau kenapa selalu dianggap “yang terakhir” dan “menakutkan”. Ya.. mungkin gegara makulnya syusyah bro. Tapi ye udah lahh. Seseorang pernah bilang sama gue, kalo yang namanya belajar ya emang susah. Jangan sampai nyerah Cuma gegara makulnya susah. Super sekali bro.

Yahh... pokoknya biostat mah hanya orang2 yang tegar dan tekun dan pinter yang bisa survive. Seriusan.

Gizi Masyarakat dan Kesehatan Ibu Anak
Ini nih... orang yang masuk di sini nih, kebanyakan orangnya lemah lembut. Entah kenapa. Apa gara2 bersangkutan sama ibu dan anak, terus yang masuk gizi sifatnya jadi keibuan getooh. -_- entahlahh.

Buat elo-elo yang dulunya pengen masuk ilmu gizi tapi ga keterima, noh disini ada. Tapi susahnya ya kalo temenan atau bahkan pacaran sama anak gizi, hati2 aja kalo ngajak dia makan. Jangan2 setiap apa yang mau dimakan, apa yang mau dimakan, dihitung dulu kalorinya. Berapa jumlah lemak, karbohidrat -_- ampun lah.

Anak gizi itu ya.... bisa jadi cerewet soal makanan. Bisa jadi lembut dan care sama ibu2 dan dedek bayi. I’m sory its not my style. Orang somplak masuk gizi, bahaya masyarakatnya. KEP semua entar. KEP=kurang energi protein

Administrasi Kebijakan Kesehatan 
Yuhuuu.. ini nih peminatan paling kece. Dari makulnya, dosennya, mahasiswanya. Kece badai uhlala. Maju mundur cantik. AKK membahas tentang manajemen kesehatan. Gue awalnya pengen masuk sini. Tapi males banget soalnya berurusan sama politk, birokrasi, manajemen, penganggaran, perkantoran. Ohh.... urusan kenegaraan coiy.

AKK di kampus gue, ketcheehh badai uhlala. Apanya?? Dandanannya. Lo lihat orang jalan di kampus gue, pake make up, muka menye2, baju pejabat, apalagi pake rok. Udah fix. Orang AKK. Gue akuin, kebanyakan cewek2 di AKK cantik2 tebel make up. Feminim getoohh. Dosennya... uhhh... kagak kalah brooh. Badai juga. Bisa aja sih gue masuk AKK, muka gue udah memenuhi syarat kok. Njiiirr... pede gilak. Ngga ngerti lagi. Sayangnya gue masih cinta lingkungan daripada make up.Sepemandangan gue, AKK is kaum sosialita cetar membahana badai uhlala.

Okey... its enough. Yahh... begitulah FKM. Lengkap. Sesuai dengan kepribadian mereka. Yang suka petualangan, yang anak lapangan, yang lemah lembut, bahkan yang suka dandan sosialita getohh. Ada semuanya. Lengkap kan. Tambah telor dadar makin lengkap.

And the last.
Kenapa gue mau ganti nama blog gue, karena gelar sarjana gue nantinya udah kagak S.KM lagi, tapi jadi S. Kes. Jadi..... ya.... ngga sinkron lah ya. Makanya gue ganti bro. 
S.KM aja bisa move on jadi S. Kes. Masa kamu enggak ??! -_-
Entah mau gue ganti nama apa. Mungkin Diary Anak Burjo atau Curahan Hati Anak Warteg. Hemm jangan deh. Curahan Hati Seorang Anak Kos. Lebih dramatis. Tapi... Anak Kos from the star lebih cetar tuh.
Ahhhh bodo.

mau tau cerita pengalaman kuliah di FKM?
Yukk cek yukk di postingan terbaru, dibaca juga yaaa biar makin lengkap sudah gambarannya :) 
http://diarysomplak.blogspot.com/2018/11/pengalaman-kuliah-di-fkm-mata-kuliahnya.html 

Cerita magang di kantor kesehatan pelabuhan klik kuyyy https://diarysomplak.blogspot.com/2016/08/cerita-anak-magang-happy-ending_11.html

yang mau tau tips hemat pas untuk anak kos http://diarysomplak.blogspot.com/2018/12/tips-hemat-untuk-anak-kost-seminggu.html 

resep hemat ala anak kos https://diarysomplak.blogspot.com/2019/02/resep-sederhana-anak-kos-ca-buncis-dan.html
Yapss! Semoga membantu dan bervalue.
 See you. Tetep semangat dan salam unyuss 








Comments

  1. Hai
    kocak nih blog..haha
    Tenang aja kak.. blognya ada yg baca kok..😂😂
    Bytheway.. makasih sudah jelasin fkm (gak pake bahasa serius yg bkin kita anak2 calon mahasiswa jadi deg2 an gimana gitu) 👍

    ReplyDelete
  2. keren nih blognya bisa jadi buat bahan pertimbangan gua dalam milih peminatan di semester depan..

    ReplyDelete
  3. Kerenn banyak pencerahan dari blog ini jadi gue kedepan bisa nentuin peminatan apa yang bakal gue ambil hehe so gue kn masih semester 3 jadi masih plongo plongo gitu mau ngambil apa nanti 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa plonga plongo aku dlu juga gitu wkwkk ntar kan paham sendiri
      Btw thx udh baca blogku wkwk

      Delete
  4. mohon pencerahan dong. bulan depan saya peminatan tapi cuma ada dua peminatan di kampus saya. AKK dan K3 lebih baik pilih kemana yaa? saya masih bingung bgt sih aslii soalnya cuma 2 hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii..jangan bingung2 gitu lahh... gini, kalo AKK lebih ke manajemen mengenai peraturan administratif kesehatan gitu.. lebih banyak baca referensi perundangan dan sebagainya mengenai peraturan kesehatan... kalo K3 dituntut untuk lebih strong dalam artian fisik mental dll karena lebih banyak praktek dan dunia kerjanya juga biasanya terjun lapangan... hemm makin bingung ya wkwk maaf ya klo kurang mencerahkan :) Semangat apapun pilihannya nantinya semua ilmu di FKM akan kepake kok :)

      Delete
    2. sebenarnya sih kepengen AKK karna mager K3 wkwkwk. tp di kampus saya tuh AKK spt dianak tirikan:( yg selalu dibahas/ditanya pasti mengenai k3. makanya saya bingung. kira2 kalo AKK bisa kerja kemana ya? Makasih sebelumnya :)

      Delete
    3. Jadinya pilih mana nihh maaf ya baru balas wkwk AKK peluangnya bs di RS bisa di BPJS bisa banget ituu tapi kan kalian gelarnya ttep sama S.KM jadi ttp bisa dimana aja selama perekrut/perusahaan ngga minta spesifikasi misal harus dari peminatan tertentu gitu sihh... Sukses yaa :)

      Delete
  5. Kocak juga kakanya,wkwk
    Thanks buat informasinya, lain kali banyakin post nya ya kak. Tentang kehidupan mahasiswa gitu

    ReplyDelete
  6. Kak pljaran kesling itu gmna aja sih? Klo prlu mnta no nya mau nanya banyak :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, maaf baru bales yaaa, terima kasih sudah baca blognya :)
      kesling mirip2 sama tekling, jadi saya menyebutnya FKM rasa teknik wkwkwk
      kalo pelajarannya yang pasti semua hal yang berhubungan dg lingkungan*yaiyalaah jadi ya belajar soal limbah bhkan sampai ukuran2 dan hitung2annya yg mgkin bakal merasa kalian sebnarnya adalah anak teknik. Belajar pengelolaan sampah juga, sanitasi tentunya baik sanitasi tempat umum, RS, tempat makan, dll. Kalian juga bakal belajar amdal (analisis dampak lingkungan).

      sangat kompleks memang, tapi asyik juga kalo di kampusku dlu banyak field trip nya wkwkwk

      find me on instagram @eunikegaluh_

      semoga membantu :)

      Delete
  7. kak,boleh lebih jelas nggak cerita k3 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo terima kasih sudah mampir yaaa...
      Peminatan K3 tentunya belajar soal dimana manajemen keselamatan di tempat kerja, mulai dari program perencanaan pemantauan sampai evaluasi. Mereka juga punya tugas huat cari tau hazard atau bahaya ditempat kerja kmdian dicari solusinya. Secara teori "mudah" tapi pelaksanaan dilapangan ya ga semudah itu krna banyak faktor, bisa karena jenis pekerjaannya, banyaknya manusia didalamnya, dsb
      Buat masa depan ini sangat menjamin kok, apalgi buat yg cowo2 hihihii🤭

      Bisa diperusahaan mana aja, bhkan di rumah sakitpun ada bagian K3Nya, dan yg plg dicari biasanya di pertambangan atau di proyek pembangunan.
      Jangan lupa buat ambil pelatihan2, paling basic pelatihan AK3U
      Semangat, jangan mau kalah sama anak teknik wkwkwk

      Delete
  8. Kak mau nanya kalo ambil peminatan ibu dan anak cocoknya kerja apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooi terima kasih ya sudah mampir😁
      Kalo KIA biasanya di instansi sih kebanyakan, BKKBN, dinkes, dsb tapi namanya dunia kerja ga menutup kemungkinan buat masuk di sektoe oekerjaan yg lainnya
      Semangaattt :)

      Delete
  9. Baca ini gua jadi yakin mau masuk fkm walaupun yaaa masih ada beberapa hal yg bingung tpi makasi bgt ka, blognya seeu ngehibur biar ga tegang tegang bgt mikirinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh welcome to the jungle yaa, semangat.. mungkin berat di awal tapi kalo udah ketemu kliknya bakal sangat menyenangkan kok. Semangkaaaa :)

      Delete
  10. Makasih banyak kaa untuk pencerahannya, blognya juga seru ngejelasinnya kocak wkwkwkw 😭😭😭 Kak saya mau nanya, saya masih kelas 10, kalau mau masuk FKM nilai yang bagus harus apa aja ya kaaa??? Makasih kakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hellooo terima kasih sudah mampir :) Pastikan nilai mapel pokok untk ujian bagus ya. Karena masuk kuliah kan pakai nilai rapot jd harus bagua semua :))
      Untuk penguasaan materi kuliah akan lbh bagus kalo udah suka sama dunia kesehatan, jaman dlu aku suka banget sm biologi...
      Selamat dan semangat belajar, fighting 💪😁

      Delete
    2. oh iya kak, nilai rapot kayak lintas jurusan e.g. sastra inggris, geografi itu diperhitungkan buat rata-rata rapot ga kak?

      Delete
  11. oh jadi yang dipentingin itu rata-rata rapot harus naik gitu ya kak? iya kak aku juga suka biologi bangetttttdgskhksj btw makasih kakk<33

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts