Skip to main content

Featured

GIMANA SIH CARA PAKAI MASKER YANG BENAR SUPAYA EFEKTIF MELINDUNGI? - SERBA SERBI DUNIA MASKER

 GIMANA SIH CARA PAKAI MASKER YANG BENAR SUPAYA EFEKTIF MELINDUNGI? - SERBA SERBI DUNIA MASKER Sebuah materi edukasi kesehatan oleh Eunike Galuh Saputri, SKM Apa sih fungsi masker itu? Masker berfungsi jelas ya, untuk MELINDUNGI kita hari partikel2 kecil yang bisa berbahaya untuk kesehatan. Contoh, debu, bakteri, virus, kuman, dll Apa saja jenis2 masker yang ada di dunia ini? •       Ada banyakkkkk, tapi gimana cara milih yang benar dan yang paling efektif untuk melindungi kita? •       Yok kita langsung ke jenis2 masker…. 1.       Masker Kain ·          Dapat dibuat dari berbagai macam jenis kain, dan oke2 aja sih. Tapi ada beberapa hal yang harus temen2 perhatikan dalam memilh masker kain ·          Carilah masker kain yan berlayer/berlapis ·          Carilah yang tidak membuat temen2 sesek atau susah napas ·          Carilah masker yang pas menutup hidung, mulut, hingga dagu ·          Cari masker yang ada kawat hidungnya ·          Masker tidak nerawang ·          Jenis masker kai

Resep Sederhana Anak Kos - Ca Buncis Tempe Tahu Goreng


Hello welcome to my blog channel!
Seperti janjinya, gue bakal share menu-menu rumahan yang pas banget buat kantong mahasiswa yang sedang dalam masa penghematan. Bahan-bahannya mudah banget buat dicari dan harganya pasti murah, ya seengganya terjangkau bagi kaum jelata mahasiswa.

Mau menu apa dulu nih, yang paling sering dan sangat bersahabat dikalangan mahasiswa adalah menu-menu yang ditumis. Selain karena mudah, juga biasanya hampir semua lauk pauk dan sayuran bisa ditumis. Kayak ga ribet gitu loh. Paling enak tuh emang Ca Kangkung. Tapi sayur lain dibikin Ca juga tetep enak. Sayurannya bisa macem2, kayak brokoli, sawi, bokcoy, kol, bunga kol, wortel, kacang panjang,buncis, terong, dll. Misalnya kayak resep yang mau gue bikin nih. Ca Buncis. Biasanya kalo buncis dikombinasi sama wortel biar warnanya bagus. Hijau Orange kan cakep tuh. Bisa juga kalo ada jagung muda ditambahin tuh. Asik yakan. Tapi untuk resep kali ini pake buncis sama wortel aja yah. Biasanya di tukang sayur emang udah sepaket. 

⏩Ca Buncis

iya, gue makannya pake ikan lele goreng yang kepalanya putus wkwkwk


Yukk kita siapkan bahan2nya.
Buncis dan wortel (biasanya sepaket di plastic kecil gitu emang) kalo di tempat gue gitu. Dan harganyaaaa……1000rupiah asliiiii bahagya ga lo? Dan cukup buat seporsi bisa buat 2 orang lah. Murah banget ga sih cuyy.
Bawang putih 1 atau 2 siung, 1 siung aja udah sedep kok, kalo gue suka bawang jadi gue kasih 2 siung bawang putih
Cabe rawit 2 buah. Sebenernya ini opsional, kalo misal gaada juga gapapa, enak-enak aja sih. Cuman kalo pake cabe kan lebih greget ada pedes2nya gitu cyin.
Gula, Garam, Merica. Ini standar lah ya. Kalo mau lebih praktis pake royco atau mecin2 lainnya. Tapi kalo gue sih enak gulgamer. Sedepnya lebih alami.
Buat kalian yang punya budget lebih bisa juga beli saos tiram atau kecap asin. Beuhh tambah nendang tuh pasti.

Step by step :
 Untuk sayuran, buncisnya disiangi dulu. Caranya buang ujung-ujungnya. Lalu bersihkan. Habis itu potong-potong sesuai selera. Wortelnya, dikupas terus dibersihkan dan dipotong sesuai selera juga.
Untuk bumbu, cincang bawang putih dan irislah cabe sesuai selera.

#MasakKuy


Panaskan penggorengan, lalu masukkan sedikit minyak, aku pakai 1sdm. Kalo dirasa udah agak panas masukkan bawang putih dan cabe. Jangan nunggu sampe wajan panas ya nanti bawangnya gosong. Dan asap dimana-mana, serem cuy cem kebakaran nanti.


Beberapa saat kemudian, kalian akan mencium aroma khas bawang yang ditumis yang kalo pas puasa bikin nelen ludah. Wangi cuy. Itulah tandanya kau murid budiman. Bukan. Ini resep ngaco dah wkwkwk. Nah kalo wnaginya udah keluar, waktunya buat masukkin buncis. Ya, buncis dulu, jangan langsung bareng ya. Soalnya keras-an si buncis.

Nah setelah buncisnya agak layu. Sekitar 1-2 menit baru deh masukin si wortel. Kasih air dikit dan bumbui deh pake gulgarmer. Kalo ada saos tiram atau kecap asin, ya masukin juga lah. Jangan lupa ditaste alias dicicipi. Kalo keasinan gimana? Gmpang. Tambahin air aja wkwkwk berkuah bodo amat wkwkwk.  Solutif sekali kan.

Kalo dirasa bumbunya udah pas, tekturnya udah pas, yapss udah mateng tinggal disajikan berarti. Kalo gue sih lebih suka yang ga terlalu mateng medhok banget gitu. Masih ada krispi-krispi khas sayur buncis dan itu yang gue suka. Jadi pas gue makan tuh bersemangat kress kress gitu. #apaansih

Tips!
Bahkan semua sayur dan lauk pauk kalo dikasih bumbu gitu doang tuh udah enak. Ada yang nambahin bawang merah. Boleh juga. Tapi kalo gue lebih simple dan praktis dah bawang putih aja. Kalo bawang merah males ribet buang kulitnya lama bats wkwkwk.

Pake kecap manis bisa? Bisa. Citarasanya nanti lebih ke gurih-manis. Nikmat juga sih. tergantung selera aja. Nahh, tapi kalo misalnya kalian pake kecap asin atau saos tiram garemnya dikit aja ye. Udah asin soalnya.

Lauknya apa?
Dimakan pake tempe goreng dan nasi putih hangat. Asli udah kayak surge dunia bagi kaum mahasiswa jelata. Tempe satu papan gede di Semarang dulu 2500rupiah bisa buah 4 kali makan. Ala ngirit ya, kalo mau agak puas makannya ya 3 kali makan lahhh. Bumbunya pake garem aja udah enak kok wkwkwk. cuman kalo mau agak gurih nikmat meningkat ya kudu ngulek bos. 

Tempe Goreng 


iyaaa tauuu, ini gambar dari gugel -_-

Bumbu Tempe dan Tahu. 
Bawang putih 1 siung kasih garem, ulek. Habis itu kasih air. Tempenya direndam bentar dibumbu tadi, terus goreng deh. Gorengnya pake api sedang aja biar ga gosong2 amat. Jangan lupa tempenya dipotong ya. besar kecilnya sesuai selera aja sih cyin.

Atau mau pake telor dadar atau telor ceplok? Tahu goreng? Udah nikmat lah itu. Nanti next gue khusus bikin resep telor dadar gulung ala drama korea wkwkwk
Atau kasih boncabe? Uh lalaaaaa nikmat dunia mana yang kau dustakan. Ya, gue pecinta pedes sih. Mulut gue cinta, perut gue mengutukinya. Kaga akur tuh dua.

Yah, semoga tips dan resep sederhana ini membantu perekonomian para mahasiswa yang sedang berhemat wkwkwk. Semoga kalian menemukan jawaban. Dan selamat masak buat kalian!

See you on my next recipe! 
Bye! God bless you

Comments

Popular Posts