Skip to main content

Featured

GIMANA SIH CARA PAKAI MASKER YANG BENAR SUPAYA EFEKTIF MELINDUNGI? - SERBA SERBI DUNIA MASKER

 GIMANA SIH CARA PAKAI MASKER YANG BENAR SUPAYA EFEKTIF MELINDUNGI? - SERBA SERBI DUNIA MASKER Sebuah materi edukasi kesehatan oleh Eunike Galuh Saputri, SKM Apa sih fungsi masker itu? Masker berfungsi jelas ya, untuk MELINDUNGI kita hari partikel2 kecil yang bisa berbahaya untuk kesehatan. Contoh, debu, bakteri, virus, kuman, dll Apa saja jenis2 masker yang ada di dunia ini? •       Ada banyakkkkk, tapi gimana cara milih yang benar dan yang paling efektif untuk melindungi kita? •       Yok kita langsung ke jenis2 masker…. 1.       Masker Kain ·          Dapat dibuat dari berbagai macam jenis kain, dan oke2 aja sih. Tapi ada beberapa hal yang harus temen2 perhatikan dalam memilh masker kain ·          Carilah masker kain yan berlayer/berlapis ·          Carilah yang tidak membuat temen2 sesek atau susah napas ·          Carilah masker yang pas menutup hidung, mulut, hingga dagu ·          Cari masker yang ada kawat hidungnya ·          Masker tidak nerawang ·          Jenis masker kai

Tips hemat untuk anak Kost! Seminggu cuma 50 ribu……


Hello, welcome back to my blog channel!
Halloo halloo apa kabar semuanya. Kali ini gue akan mensharingkan kisah tentang kehidupan anak kost yang serba apa adanya. Berhubung gue sedang rindu masa2 kuliah. Jadi gue sharing semua hal yang masih gue inget pas jaman penjajahan itu.
Sangat merindukan masa dimana udah tanggal tua tapi di dompetmu bener2 literally kaga ada uang sama sekali. Ada masa dimana lu bakal ngerogoh tiap saku, mau saku baju, celana, sela2 dompet, berharap lu menemukan duit lembaran yang nyelip. Ada waktu dimana duit lu cuma cukup buat makan, tapi kampret lu lupa juga kalo ada uang transport. Mampus dahh mampus. Belom lagi kalo ada musibah misal duit ilang atau ada sumbangan kelompok atau sejenisnya. Ingin ku teriak bahwa aku tak punya duit.

Seperti biasa dengan judul yang penuh racun, gue berharap semoga bisa meracuni kalian untuk mengklik judul itu. Wwkwkk. Jadi pliss udah, baca aja. Ini berguna kok. Apalagi kalo kalian cuma punya duit 50 ribu dan masih seminggu waktu sebelum kalian dapet uang saku. Yak selamat, kalian akan berpuasa wkwkwk. Selamat membaca.

Let’s move to the tips!



Buat perencanaan anggaran
Perencanaan anggaran mungkin bakal terkesan agak ribet ya. Apalagi buat manusia macam mahasiswa yang gamau ribet. Ketahuilah saudaraku, ga peduli lu laki apa cewe, perencanaan anggaran perlu kalian pelajari mulai sedari dini. Yah tentunya dimulai dari waktu kalian masih jadi mahasiswa.
Kalo kalian cowo dan merasa tidak perlu belajar menganggar, karena menganggar adalah pekerjaan perempuan. Heiiii jangan kau pikir semudah itu, Pulguso. Ingatlah bahwa sebelum wanita itu menjadi milikmu, kau juga harus menabung dan merencanakan pembiayaan supaya uang dari hasil jerih lelahmu bisa mencukupi untuk nyewa gedung nikah. Mengerti kau, Sergio?

Nah, paham kan betapa pentingnya menganggar. Yahhh meskipun pada kenyataannya pasti ada aja yang melenceng, Setidaknya masih bisa direm karena tau tuh, mana kebutuhan pokok, mana yang agak2 penting, dan mana yang tidak begitu penting. Intinya mulai belajar membedakan mana yang keinginan hati hasrat jiwa semata atau bener2 kebutuhan.


Gimana caranya menganggarkan uang saku buat kami para kaum mahasiswa jelata ini?

Pertama, kalian harus tau dulu nominal yang orang tua kalian kirim. Bener dong. Ya gimana mau menganggarkan kalo nominalnya aja belum tau.

Tulis dulu kebutuhan kalian. Dikelompokin, trus diurutin berdasarkan tingkat kepentingannya. Istilah kerennya bikin skala prioritas lahh. Kalo sudah, langsung kita masuk ke hitung2an. Ini sih yang paling bikin ruwet. Wkwkwk

Kalo cara gue nihh. 

Prioritas utama adalah ibadah, karena gue Kristen, gue ada yang namanya persembahan perpuluhan. Jadi gue taruh itu perpuluhan di prioritas 1.

Prioritas kedua adalah biaya tempat tinggal alias uang kos, jangan nilep duit kosan, ntar berabe ujung2nya. Gue pernah nilep uang kos, bukan buat beli yang aneh2 sih, waktu itu jaman penelitian, dan emang biayanya jadi meningkat, apalagi transport. Syalala yeyeye lah itu. Dan pada akhirnya gue rela naruh cincin warisan dari nenek gue di pegadaian dan ngutang sama temen gue.

Tentang ngutang,
Ngutang itu menurut gue agak gimana ya. Jalan akhir dari segalanya dah kalo buat gue. Gue punya prinsip yang tidak menggampangkan ngutang sama temen. Kalo bisa selama kalian belajar jadi mahasiswa nihh, janganlah kalian ngutang. Ngutang itu ga enak, soalnya sangat mengganggu di keuangan bulan selanjutnya. Lagi, masih mahasiswa kok udah latihan ngutang. Latihan tuh kerja, biar dapet duit bukan ngutang. Atau cari beasiswa lahh, kan bisa. Kalo gamau kerja gamau cari beasiswa tapi gamau ngutang, ya hemat, jangan kau banyak jajan2 ga penting, beli2 ga guna. Elahhh konsumtif amat jadi orang. *dah banyak cakap kau, Eunikeee* #nyinyirteteup

Yang selanjutnya adalah biaya transport. Karena sudah pasti kalian butuh transport. Kalian masih bisa makan seadanya, tapi klo ga ada transport kan ya repot juga. Delivery? Kalo gratis ongkir mah gamasalahhh. Atau kalo kalian punya temen yang sekosan cocok lah bisa nebeng. Apalagi kalo sekelas, sejadwal pulak. Wohh nikmat dunia mana yang kau dustakan. Cuman, tetep anggarin buat ngasih dia traktir makan bakso atau sekedar ngajak dia jalan2. Biar sama2 enak kalian. Jangan egois mikir lu doang, kan dia juga sama kayak elu. Sama2 masih mahasiswa. Belum tentu juga pemasukan dia lebih banyak dari elu. Begitu yah shay. Minta tolong sama temen boleh, tapi ya tau diri juga.

Duh kak, kalo teori doang mah gue juga ngerti harus sesuai dengan prioritas. Contohnya dong kak.
hiyaaa hiyaaa ini saya kasih contoh, sabar yaaa

Misal income, 1.200.000 rupiah
120.000 buat ibadah/persepuluhan
100.000 transportasi
Makanan variasi lah ya, cuman kalo mau selamet sampai akhir bulan ya dikira2 aja sehari biayanya berapa, nih,kalo kalian mau, bisa sehari 20 ribu x 30 hari = 600.000 ini mode hemat nih ceritanya
Dan, jangan lupa 10% dari income buat biaya jaga2 siapa tau ada iuran atau lain2 yang sifatnya mendadak, 120.000 tuh yaaa.
Ditotal nih, masih sisa 260.000. Bisa buat beli baju atau sepatu yang sekadarnya mahasiswa, atau buat hiburan, nonton, jalan2, beli skinker, kalian hemat boleh tapi juga sadar lah kalian juga manusia yang butuh hiburan.

Atau kalau mau makannya agak bergengsi ya boleh lah 25 ribu perhari, tapi nanti sisanya cuma 110 ribu. Masih cukup juga buat beli make up atau skincare seadanya. Atau buat kalian yang hobi nabung, kalian juga bisa pake buat nabung. Atau kalau emang misal butuh beli sesuatu bisa tuh, masih ada 110 ribu.
Eh iya kelupaan itu bisa buat belanja bulanan yang serba hemat, bisalah belanja beli shampo sabun mie instan 50-100 ribu.
sungguh hemat yang tiada terkira.

*yahh duit segitu buat apaaaa*
Ya kalo kalian kaya mah, bebas. Sesuaikan aja sama income kalian, ini kan cuma contoh. Jadi ya, semudah itu shayy. Karena aku dulu emang incomenya segitu, jadi aku kasih contoh yang real aja ya.

Jadi gue kuliah di Semarang dengan income tiap bulannya 1.200.000 rupiah. Mungkin bisa jadi nominal yang sedikit bagi sebagian orang. Tapi bisa jadi nominal yang besar buat sebagian orang. Kalo menurut gue, engga kurang engga lebih juga. Pas aja. Soalnya prinsip gue adalah mencukupkan berkat yang dikasih, berapapun itu nilainya. Terkesan agak sok gitu ya. Tapi ya emang itu yang gue lakukan.
Ya karena kalo nurutin hati manusia mah mana pernah puas, selalu kurang. Tapi kalo kita punya prinsip mencukupkan berkat Tuhan yang diberi berapapun itu, ya pasti Tuhan cukupkan kok. #aseeekkkk

Pernah saldo 0 rupiah ga?
Pernah.
Pernah ga punya duit sama sekali ga?
Pernah.

Sangat tidak enak hati kalo ngutang. Apalagi minta tambahan orang tua. Mungkin gue bakal minta tambahan kalo itu bener2 ada acara kampus yg dadakan dan wajib dan mendesak, nahhh baru dehhhh. Yaa tapi bukan berarti gue ga pernah ngutang. Palingan ya pas makan sama temen, gue ga ada duit yang pas, ya gue minta tolong dibayarin dulu besoknya atau pas nanti sampe kosan gue bayar. Atau nihhh emang gue kepepet banget belom dikirim atau dikirimnya telat, kalo misal dikantong masih ada sedikit ya bakal puasa, hemaaattt sehemat hematnya. Atau kalo miris kaga ada ya gue ngutang, tapi itupun 50K doang atau 20ribu aja. Kaga berani gue ngutang sampe ratusan ribu. Susah balikinnya. Gue aja pas-pasan yakan. Sobat misquen akutuuu.

Jadi, pendapatan/income uang saku gue adalah 1200.000 rupiah, 600.000 dari orang tua. 600.000 gue dapet dari beasiswa.
Jeng jenggg…. Ternyata Yoonike adalah anak penerima beasiswa.
Bagaimanakah ceritanya dapet beasiswa?
May be next post? Hehehehheheee siappp dahhh.

Untuk kita renungkan bersama.....

Jangan konsumtif tapi jangan pelit juga

Ini kita udah mulai bicara soal prinsip hidup nih. Kita percaya ya, rejeki Tuhan yang ngatur, Tuhan ngga akan pernah membiarkan umatNya berkekurangan, malah dikasih berlimpah berkat dong pastinya. Dan rejeki itu tidak sama dengan uang. Rejeki bisa macem2 bentuknya. Segala kebaikan2 Tuhan, teman yang baik, kesehatan, itu juga rejeki. Bayangin aja lu sakit, sakit radang misalnya. Yah minimal duit lu keluar 20rebu buat beli obat kan? *duit juga ujung2nya kan

Prinsipnya, jangan konsumtif.
Artinya lu jangan membeli barang yang hanya berdasarkan hasrat keinginan duniawi semata. Misalnya nih, gue sering tuh masalah skincare wkwk. Gue sebagai wanita yang maniak skincare dari jaman kuliah sebenernya, merasakan bahwa diriku ini sering tergoda oleh janji2 skincare yang durjana. Apalagi dulu kan gue lagi jerawatan parah jadi agak2 kalap soal skincare. Beli macem2 lah buat gimana caranya ini muka bisa layak tayang lagi. Nah gataunya, asal beli asal kepengen, dan gue kalo beli skincare tuh ga tanggung2 langsung satu set. Kenapa ga coba satu2 gitu ya? Kan rugi dikit. Ini gue langsung aja beli satu set. Niat hati sih ingin supaya hasilnya lebih maksimal. Eh kmprt maksimal juga nih breakoutnya, parah. Kacooo. RUGI

Jadi para mahasiswa cewe yang hobi skincare maniak kek gue, saran cobain produk yang share in jar aja dulu, kan banyak tuh sekarang yang produk2 skincare share in jar. Tapi ya kudu tau olshop terpercaya, biar tidak tertypu. Kan ya sayang juga kalo mau kulit mulus eh tertypu dapet skincare abal-abal eh ya udah dehhh malah rusak wajahnya. Makin banyak pengeluarannya. Ujung2nya duit juga kan wkwkwk :p

Hemat itu perlu, tapi jangan pelit  juga, kalo ada temen kekusahan atau ada hal lain yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradab, kasih lahh kasih itu duitmu. Jangan kau pelit kali jadi orang. Nanti rejeki duit itu Tuhan kasih kok. 
Apalagi nih soal temen2 kristen yang masih mahasiswa, kadang bingung mau ngasih perpuluhan atau ngga ya?
Jawabanku, ya latihan lahhh sedari diri selagi masih mahasiswa.
Dulu gue juga bolong2 kok wkwkwk. Tapi kalo gue sih kerasa bedanya antara pas ngasih perpuluhan sama engga. Pas ngasih perpuluhan, duit gue tuh kayanya kenceng banget keluarnya, tapi kaga habis malah saldo. Eh tapi kalo pas kaga ngasih perpuluhan, kayaknya uda hemat eh kmprt malah gue sampe ngutang.
Tuhan bukan berarti pengen banget dikasih duit gitu bukan, bukan berarti juga Tuhan miskin perlu dan butuh duit lo. Kaga. Tuhan tuh kaya, selow. Tuhan cuman  mau lihat hambaNya taat apa engga. Jadi, yaaa latihan taat ya teman2. 
Apalagi ini gue uda kerja, jadi yaaaa harus makin disiplin lah keuangannya. Gue juga inget ada ajaran, bahwa gaji kita didalamnya ada titipan/ada hak2nya orang2 miskin atau orang2 yang kurang beruntung dan berada di bawah kita. Itulah kenapa kita meskipun gaji besar, ataupun gaji dikit, miskin dan bercela, tetep kudu ada sedekahnya, kasih kepada sesama. Haleluya, Amen. *ini gue kok malah jadi khotbah wkwwk

Beli versi sachetan lebih hemat!
Yapppsss! Kerasa banget looohh.
Shampoo, conditioner, detergen, pewangi pakaian, apalagi yaaaa hemmm saus mungkin atau bon cabe? Eh tapi boncabe mah enak yang botolan lah lebih hemat wwkkwkwkkk lihat harga dan berat bersihnya dulu cuy sebelum membeli. Yakk, alasan kenapa gue kalo belanja lama. Wkwkwk. Apakah semua wanita seperti diriku?
Daripada beli botolan 20ribuan, mending beli shachet isi 10 apa 12 gitu lupa harganya paling banter 10ribuan. Takerannya udah pas, ya meskipun kadang gue pake 2 tapi tetep jatohnya hemat kok. Kalo yang merk2 misal rejoice, emeron, malah cuma 5ribuan dapet 10 sachet. Murmerrr shayyy. Wanita mana yang tidak tergodaa *ceileee*

Detergen juga murah banget cuyyy, itu paling juga harga nya ga beda jauh sama shampoo. Bisa sampe setengah harga dari yang kemasan kiloan. Paling kalian nyuci juga ga banyak2 banget. Kadang ya, gue satu sachet juga bisa buat 2 kali nyuci. Buhsyettt dahhh istri idaman banget gue yaaa.

Nah, karena gue ini adalah manusia gamau ribet, jadi guepun juga membeli pewangi pakaian sekali bilas. Tujuannya tentu tak lain dan tak bukan adalah hemat air dan hemat waktu. Wkwkwkk. Ah kamprt tiba2 kangen masa2 hidup sengsara dikosan gw. Wkwkwkk. Ini gue juga beli yang sachetan. Gue emang anak sachetan ye. Duta Sachetan Indonesia 2018. Atau Miss Sachet Universe 2018. Aye ayeeee wkwkk. Edan kowe, Nik.

Rajin dan hemat dengan cuci sendiri!
Ini nih yang gue lakuin sejak masuk kuliah sampe semester tua. Yah karena diriku semakin sibuk dan entahlah mager melanda atau karena udah capek kali ya. Maklum mahasiswa tua kerjaannya skripsi, penelitian, nunguin dosen, nongkrong di perpus, cari wifi, pacaran, hiburan, maen, jalan2 ahhh gitu lahh wkwkwk. Jadi, di semester akhir diriku laundry. Ya daripada numpuk yakan. Kan pilihan cuma ada dua. Keluar biaya atau keluar tenaga dan waktu.

Selagi kalian mampu, punya waktu, punya tenaga, kerjakanlah sendiri. Nyuci sendiri. Nyetrika sendiri. Itu jelas lebih hemat. Ya tapi kudu punya waktu dan tenaga yang memadai wkwkwk. Kalo kaga ya numpuk. Kan lumayan ya 30 ribu bisa buat makan. Wakakakaa :p
Kenapa diriku selalu membandingkannya dengan uang makan?
Karena aku suka makan :p

Selain alasan hemat, dirimu wahai wanita akan menjadi calon ibu rumah tangga yang baik. Wkwkwkkw tapi buat kalian yang suka perawatan, sayang tangan, jangan laahh nanti tangan kalian kasar jeleq kayak diriku. Beruntunglah saya punya pacar yang mau nemerima kekasaran tangan saya wkwkwkk padahal temen kerja gue yg cowo pada bilang tangan gue kayak kuli wkwk.


Wanita idaman, ya masak sendiri dong. :p
Nahhhh, ini adalah daerah kecintaan gue nih. Gue kan emang hobi banget masak, jadi diriku menghemat sekaligus menjalankan hobi. Ahhh betapa bahagya nya diriku. Wkwkwk. Gue sama sekali ga keberatan masak sendiri pas jaman ngekost, seneng malah. Tapi ya waktunya yang jarang ada. Lebih sering buru2, yah jadi mending beli yakan.

Masak aja yang sederhana. Misal segala macam tumis2an, ca, goreng tempe, tahu, telur dadar, telur ceplok, bikin indomie, bikin sayur sop, sayur asem, sayur bening. Yah macem-macem laahh. Gue mah asal ada resep dan bahan2nya tersedia gue bisa wkwkwkk. *sombong battsss* Sayangnya meskipun gue suka masak, dan kalo masak enak wkwkwk bangga anjir. Tapi kelemahan gue adalah di makanan manis. Mungkin karena alatnya kurang kayak oven, gue kan kaga punya tuh. Nah makanya gue sampe sekarang belum pernah bikin kue-kue an gitu. Selain karena gue pun juga kaga suka makanan manis sih. Wkwkwk ya gimana gue udah manis :p

Tips Belanja Murah Ala Anak Kos
10 ribu bisa buat 2 atau 3 hari dengan catatan lu beli lauk sama sayurnya di tukang sayur. Dan lu juga beli lauknya kudu masuk akal. Jangan minta daging dengan 10rebu. Masih bisa kok makan ayam dengan 10ribu masak sendiri.
Ayam sepotong 6ribu kayaknya,
4 ribu buat beli bumbu sama sayur dapet tuh.
Atau beli aja royco atau bumbu instan ayam goreng kan bisa tuhhh, paling harganya 2 ribu, nah yang 2 ribu buat beli timun. Lalapan bosskuu.
Ayamnya juga bisa buat 2 sampai 3 kali makan. Ya ampunnn Eunikeee kau idola sekaliiiii. Ibu rumah tangga idaman dahh. Sini sini, mana yang mau lamar gue jadiin istrinya.
*anjir gue membanggakan diri sendiri wkwkwkwk ampuni aku ini ya Allah, sebelum kena laknat*

Mari kita berhitung...
50 ribu bisa banget buat seminggu tuh, dengan catatan masak sendiri, dan dibatesin pergi2nya. Karena pergi=uang transportasi. Lu ga mungkin kemana-mana jalan kaki, kan? Akan lebih baik kalo punya temen nebeng atau pacar. Inilah saatnya kalian memberdayakan pacar atau teman. Wakakakak :P Inilah kalian kalo udah anak kosan, sobat misqeen, temen pada pelit, jomblo lageeee, dahhh aku turut berbelasungkawa yaaa. Semoga kamu kuat dan tabah menjalaninya. Tuhan kan berikan jalan, nanananaaaa.

50 ribu bisa tuh, 30ribu buat makan, 20 ribu buat transport. 
Atau yang punya kendaraan bisalah 15 ribu buat bensin, pertalite aja, kga usah gaya2an pertamax, uda naek lagi noh harganya. 
Trus 35ribu buat beli sayur sama lauk pauk. Udah damai tuh seminggu. Tapi ya sabar lan nerimo aja, lauknya tiap hari selingan telur tahu tempe. Bisa ayam juga kok. Pinter2nya aja kalian nawar di tukang sayur dengan masang muka melas. Wkwkk. Serius bisa kok makan ayam, tinggal gimana caranya aja kalian memanage dan ngatur menu yakan.

Kalo dulu akutu wajib beli bawang putih bawang merah bisa tuh 5ribu. Cabai rawit 3 ribu udah dapet lumayan lah buat seminggu. Asal lu ga makan cabe aja orangnya. Lauknya beli telur 10ribu dapet 5, tempe tahu 5 ribu. Totalnya udah 23 ribu. Telur bisa diganti ayam tapi cuma dapet 2-3 potong.
Minyak goreng 250ml sekitar 3 ribu. 4 ribu buat sayur-sayuran bisa kangkung atau kol wortel dsb lahhh. 5 ribu bisa buat beli gularem , saos tiram gitu2 sesukamu lahh.

Tipsnya : beli di tukang sayur atau pasar kalo perlu mah. Biar dapet harga murah. Kalo beli di supermarket bisa juga sih tapi ya terbatas. Akan jauh lebih enak lagi kalo dikosan udah ada minyak goreng, gulam garem, merica bubuk, kaldu atau mecin2. Caranya adalah, kalo lu pulang kampung minta aja sama emak wkwkwkk


Cewe yang bisa masak tentunya juga lebih idaman buat para lelaki. Iya dong jelas dong. Masa nanti pas udah nikah lu tiap hari mau beli mulu, jebol kantong shay. Kudu hemat dong. Ya kecuali lu nikah sama Crazy Rich, dah kaga usah mikir lu. Atau sama anaknya Sultan, Sultan Fried Chicken wwkwkk. Tiap hari mo makan di hotel bintang sebelas juga hayuk. Eh tapi tapi tapi, sebagai wanita ya kudu bisa masak dong ya. Salah satu kunci disayang suami dan membahagiakan suami adalah dengan makanan. Masaklah makanan yang enak buat suami tercinta, niscaya uang bulanan bakal ditambah. Wkwkwkwk. Makanya latihan masak sedari masih kuliah.
Masookkkk? Masokkkk pak Ekhoooo!

Resep sederhana ala anak kos?
Klik link ini yakkk https://diarysomplak.blogspot.com/2019/02/resep-sederhana-anak-kos-ca-buncis-dan.html


Makanlah sesuai dengan kemampuan kantongmu!
Nahh ini nih penting. Apalagi kaum milenial jaman now. Banyak gengsinya yah shay. Apalagi kalian yang berasal dari kota besar. Uhuyy. Kalo kaya mah ngapaen juga hidup hemat. Gue pernah denger ada prinsip yang bilang mending gue makan sehari sekali tapi lauk enak. Yahhhh terserah. Hemat kan macem2 caranya. Tapi karena gue anak kesehatan dan peduli akan kesehatan. Itu tidak baik, Pulguso! Apalagi kalo sekali makan porsinya besar. Bayangin nasi padang penuh lemak kolesterol jahat, nasinya banyak banget menggunung udah kayak gunung Rinjani wkwkwkk. Ya hemat mungkin, sehari paling ya 10-15 ribu doang. Tapi kan kaga sehat cuyy.Udah gitu makannya pas malem hari, kenyang, tidur, udah lahhh. Selamat datang perut buncit, selamat datang obesitas.

Ada lagi nih kaum-kaum yang lebih jelata dibandingankan kaum nasi padang. Yaitu kaum indomie. Wkwkwk. Ini lebih gawat bosss. Kalo nasi padang masih mending ya ada protein tambahan ada sayurnya juga, meskipun emang tinggi kolesterol. Nah ini, kaum indomie si kaum karbohidrat. Udah makannya mie, kasih lagi nasi, lauknya nugget, atau parahnya malah kentang goreng. Mampus lo sama karbo. Wkwkkwk.
Ya gapapa namanya juga usaha ya. Jangan sering2 lah ya, cukup minggu terakhir aja ya, jangan lama2 bahaya gaesss. Nanti menjurus pada obesitas, pencernaan terganggu, karena mie itu susah dicerna oleh usus sodara sebangsa dan setanah air, jadi tolonglah ya… boleh prinsip hemat tapi yg agak2 cerdas dengan mencintai tubuhmu sendiri gito loh shay.
Jadi kalo misalnya lu itu punyanya duit cukup seminggu buat beli tempe tahu telor, yaudah jangan maksa buat makan daging rendang. Hilangkanlah gengsi itu. Gengsi hanya akan mempersulit hidupmu, Nak. Misalnya kamu memaksakan untuk makan rendang, akhirnya ngutang, nah ngutang akhirnya membuatmu mengurangi jatah makanmu dibulan selanjutnya. Nah bulan selanjutnya ngutang lagi, gitu aja terus sampe neptunus turun ke bumi. Masuk lah kau ke lingkaran api setan ngutang.

Persediaan makanan murah cepat dan enak. Mie instan!
Sebenernya selain mie instan ada kok makanan sahabat anak kosan yang lain. Misalnya energen, oatmeal yg agak2 sehat. Wkwkwk. Boleh banget stok kok, tapi yang manusiawi aja ya. Janganlah stoknya sampe sekardus. Lu anak kosan apa korban bencana. Ckckck. Kalo gue sih stoknya 4 itu udah paling banyak. Dan kadang juga ga habis karena ga gue makan, gue terlalu sayang sama tubuh ini. Janganlah disakiti, mencegah lebih baik daripada mengobati. Meskipun sekarang ada BPJS tapi kalo bisa itu ajang buat amal aja deh, kaga usah make. Jangan kayak gue, sekalinya make langsung buat operasi wkwkwkwkwkk.

Memang tidak dipungkiri kalo makanan instan kayak mie itu praktis dan murah banget, dan pasti selalu ada untuk anak kosan yang uangnya terbatas. Tapi juga kudu cerdas ya, jangan kebanyakan gaess. Hemat boleh tapi harus tetap sehat. Kalo mau sehat nih, kalian bisa nambahin telur atau sayuran ke dalam mie instan favorit kalian. Biar ga cuma karbo tapi juga ada zat gizi lainnya.




Prinsip hemat gue adalah, tetep hemat tapi tetep bisa happy juga.
Selalu ada uang untuk hiburan, meskipun itu cuma sekedar nonton film sebulan sekali. Atau sekedar beli baju kampus, atau beli skincare sebagai penyemangat dalam hidup ini. Tapi ya jangan kalap, kudu tau dan paham batas diri. Jangan karena gengsi, keinginan setan sesaat, nanti malah jadinya menghamburkan uang. Beli2 macem hal yg ga begitu penting.
Hemat tapi tanpa mengesampingkan kesehatan tubuh juga penting. Jangan karena saking hematnya sampe akhirnya ngerusak badan, jadinya sakit, masuk rumah sakit, jadinya ga hemat dong shayyy.

Yahhh, semoga membantu mengatur dan merencanakan keuangan. Semoga selamat sampe akhir bulan ya gengss wkwkwk.
Maaf kalo ada salah kata atau apalah ya, eiyke masih manusia yang tak luput dari kesalahan.
See you on my next post! Thankyou!
God bless you,
Bye!



 

 

Comments

  1. Artikel yang sangat menarik, coba nih kalian yang butuh info mengenai Cara Menebalkan Uang Saku untuk mahasiswa

    ReplyDelete
  2. wah sangat bermanfaat untuk skuteris yang juga anak kos
    tips untuk skuteris

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts