Skip to main content

Featured

GIMANA SIH CARA PAKAI MASKER YANG BENAR SUPAYA EFEKTIF MELINDUNGI? - SERBA SERBI DUNIA MASKER

 GIMANA SIH CARA PAKAI MASKER YANG BENAR SUPAYA EFEKTIF MELINDUNGI? - SERBA SERBI DUNIA MASKER Sebuah materi edukasi kesehatan oleh Eunike Galuh Saputri, SKM Apa sih fungsi masker itu? Masker berfungsi jelas ya, untuk MELINDUNGI kita hari partikel2 kecil yang bisa berbahaya untuk kesehatan. Contoh, debu, bakteri, virus, kuman, dll Apa saja jenis2 masker yang ada di dunia ini? •       Ada banyakkkkk, tapi gimana cara milih yang benar dan yang paling efektif untuk melindungi kita? •       Yok kita langsung ke jenis2 masker…. 1.       Masker Kain ·          Dapat dibuat dari berbagai macam jenis kain, dan oke2 aja sih. Tapi ada beberapa hal yang harus temen2 perhatikan dalam memilh masker kain ·          Carilah masker kain yan berlayer/berlapis ·          Carilah yang tidak membuat temen2 sesek atau susah napas ·          Carilah masker yang pas menutup hidung, mulut, hingga dagu ·          Cari masker yang ada kawat hidungnya ·          Masker tidak nerawang ·          Jenis masker kai

Cara Memindset Pikiran Agar Sukses Diet



Hello welcome back to my blog channel!
Yahhh gue kadang merasa geblek, ada platform namanya Youtube, biar gue bisa ngebacot yakan. Eh gue masih aja di blog kan namanya jadi go blog wkwkwkkw. Ya nanti kalo udah ada kamera bagus, gue bikin youtube dan bakal share semua hal mungkin yang ada di blog. Gue pindahin semuanya ke youtube biar terbagikan semuanya ya. 

Okey sebelum jauh melangkah kita ngomongin diet, ngomongin kalori makanan, ngomongin serat, ngomongin karbohidrat, ngitung2 kalori yang maha ribet itu, makanya kita harus memulai segala sesuatu dengan hal yang paling mendasar.

Setelah gue menjalani serangkaian diet, nyobain banyak jenis diet, trial and error, gue menemukan satu kunci yang sebenernya sangat berpengaruh dalam proses diet. Apakah itu?

Mindset.

Hyaiyalah kalian udah bisa nebak, ketahuan dari judulnya. Ah giblik gue wkwkwkk
Yak, mindset.
Cara berfikir.

Di diet2 gue yang dulu, gue berfikir begini. Ah makan banyak gapapa yang peting olahraga dibanyakin, biar kalorinya terbakar. Ah gapapa lah makan mie instan kan cuman hari ini. Ahh aku pengen cepet cheating day. Diet ga perlu yang serius-serius yang penting makan dikit ga perlu itung2 kalori ribet elahhh. Yang penting makan dikit bodo amat pokoknya makan dikit. 

Sungguh pikiran-pikiran kayak gitu yang bakal bikin akhirnya lu jadi “menggampangkan”. Meskipun niat awalnya lu cuma ngga pengen stress karena diet. Ya tapi ga gitu juga. Akan ada masa kamu akan lebih cepat menyerah dan akhirnya, yaudah makan aja. Balik lagi ke pola hidup lama. 

Di diet kali ini, gue mencoba memindset otak gue buat membuat segalanya menjadi terarah terukut teratur terencana sehingga terwujudlah suatu diet yang tahan lama. Wkwkwk ude kayak lipstick yekan lip matte cream tahan lama wkwkwk apaan dah unik.

Pemikiran yang gue bangun dan gue coba tanamkan adalah sebagi berikut. Kok bahasa gue jadi aneh ya. Yahh dah pokoknya ini lah ya.

Pertama, gue memindset otak gue untuk tidak terlena.
Terlenanya yang kayak bagimana tuh? Nah, terkadang dalam proses berdiet ada masanya kita akan turun berat badannya. Wahh pasti happy banget tuh. Terkadang, ya seringnya sebagian dari kalian dan saya juga, adalah saking senengnya trus kalap. Akhirnya makan apa aja tanpa rem dan ya udah tau dan ketebak endingnya kan. Bukannya diet, yang ada malah nambah berat badan jadinya. Kalap mengakibatkan diet gagal malah jadinya program naikin berat badan. Wkwkkwk. Dan gue sering banget begini -__- ya, kecuali pas jaman gue niat banget itu pas mau wisuda mati2an biar tetep stay di 47kg wkwkwkk ga mati2an juga sih mungkin emang udah terpola hidup bener kali yak dulu itu.

Nah untuk diet kali ini, gue mau diet beneran dengan jalan yang benar dan tidak main2, istilah kerennya totalitas. Dan mulai menanamkan ke diri gue, sebelum target tercapai gue ga boleh lengah, ga boleh berpuas diri. Dan sekalipun lagi cheating day, gue harus tetap kontrol. Daaaannn, sekalipun udah sesuai target tetep harus tetep diet biar berat badan tetep stay disana.

Kedua, gue menanamkan prinsip hitung kalori makanan.
Kenapa tuh? Karena dengan menghitung dan tau kalori dalam makanan, napsu kita untuk memakan jadi ter-rem dengan baik wwkwkk. bukan dengan baik banget gitu, setidaknya taulah ya berapa yg masuk ke tubuh. Jadi mau lahap makanan tuh gue kadang mikir, ini segini banyaknya, kandungannya ini ini ini, berapa ya kira-kira kalorinya? Masih kalori defisit apa jangan2 udah bablas nihh? Bukan berarti gue ga makan ini itu lalala yeyeye ya, Tapi lebih ke bener2 menerapkan dan menjaga supaya makanan yang masuk ke tubuh gue masih di hitungan kalori defisit.

Caranya biar tau kalori dalam makanan itu gimana?
Kalo di makanan kemasan biasanya ada gram dan kalo makanan yang emang udah sah gitu ada juga hitungan kalorinya kok. Bukan makanan yang sah yang bermerk gitu yang berpabrik, biasanya pasti ada jumlah kalori total di makanan itu.


Kalo ga ada? 
Kalo makan di tempat penyet yakali kan ada tertera kalori totalnya. Wkwkwk. Caranya adalah dengan belajar. Cari tahu. Yaaa cuma itu caranya. Banyak2in baca tabel kalori makanan. Wkwkwkwk.

Ada kok tabel kalori makanan gitu. Namanya DKBM. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Ada pdfnya. Kalian bisa download search aja di gugel. Udah pada canggih yekan kalian wkwkwkk. Itu udah lumayan lengkap. Ya kalo ga ada ya kira2 sendiri aja lah ya. Begituuu.

Ketiga, mindset bahwa makanan yang masuk harus tetap berkualitas.
Artinya, meskipun ini adalah untuk defisit kalori yang cenderung mangkas beberapa sumber makanan, tapi tubuh kita harus tetep sehat dengan tetep terpenuhi kebutuhan akan zat gizinya. Tubuh tetep butuh karbohidrat. Tetep butuh protein. Tetep butuh serat. Daaaannnn teman-temannya. Caranya adalah, pilih yang mengandung banyak nutrisi tapi kalorinya rendah. Emang ada? ADA. Biar tau gimana? Itulah gunanya DKBM. Emang agak ribet, tapi percayalah itu akan lebih efektif dibandingan cara diet yang “asal-asalan”.

Diet gue sekarang amat sangat penuh dengan ilmu gizi  dan keilmuan kesehatan lain yang saling berkesinambungan sepertinya gaess wkwkwkk. Kalori dihitung, bahan makanan juga dipertimbangkan, jam makan, dan sebagainya. Wahhh macem-macem dehhh. Kelihatan ribet ya, tapi ga gitu juga kok. Jadi meminimalisir juga efek yang kurang baik buat tubuh, karena walau bagaimanapun kekurangan suatu zat akan bikin tubuh oleng juga gaess. Misal kurang vitamin, ya daya tahan tubuh bisa oleh. Kurang karbo nih, badan bisa lemes. Kurang protein, lemak bisa berdampak sama keseimbangan hormone. Dahhh macem2 lahh. Makanya gue memindset supaya tetap makan makanan sehat dan berbobot meskipun judulnya lagi diet. Daaaaan, diet yang benar emang harus begitu wkwkwk.

Terakhir, menanamkan dengan jelas tujuan kalian diet saat kalian mulai menyerah/malas.
Kalo gue, “GUE HARUS KURUS BIAR BADAN BAGUS”
Sesimpel itu tujuan gue diet, tapi untuk mencapai itu hyaaaampuunnnn jatuh bangun aku mengerjarmu. Namun dirimu tak mau mengerti. Kubawakan segelas air namun engkau meminta lautan, tak sanggup diriku sungguh tak sangguuuuppppp. Goyang maaaang! *awas baca sambil nyanyi wkwkwkk

Ya ada sih alasan lain dibalik itu, tapi ya gue ga perlu lah menjabarkannya disini wkwkwkk.
Intinya, motivasi kalian harus selalu kalian ingat.
Apakah dengan begini akan terlalu keras pada diri sendiri?
Ya. Tapi demi sesuatu yang lebih baik, kenapa engga?
Terkadang kan emang harus dipaksa dan emang agak keras diawal, supaya nanti terbiasa dan jadi pola hidup. Kalo pola hidupnya adalah pola hidup sehat, why not?

Yokkk semangaaattt! Btw gue udah turun 3 kg dalam jangka waktu seminggu ini dengan pola diet yang gue ciptain sendiri, seneng tapi biasa aja masih jauh dari target juga wkwkwk. Semoga gue tetep istiqomah ye. Doain pemirsahh.

Yaappss! Is it! Semoga membantu ya.
See you on my next post
God bless you

Comments

Popular Posts