Skip to main content

Featured

GIMANA SIH CARA PAKAI MASKER YANG BENAR SUPAYA EFEKTIF MELINDUNGI? - SERBA SERBI DUNIA MASKER

 GIMANA SIH CARA PAKAI MASKER YANG BENAR SUPAYA EFEKTIF MELINDUNGI? - SERBA SERBI DUNIA MASKER Sebuah materi edukasi kesehatan oleh Eunike Galuh Saputri, SKM Apa sih fungsi masker itu? Masker berfungsi jelas ya, untuk MELINDUNGI kita hari partikel2 kecil yang bisa berbahaya untuk kesehatan. Contoh, debu, bakteri, virus, kuman, dll Apa saja jenis2 masker yang ada di dunia ini? •       Ada banyakkkkk, tapi gimana cara milih yang benar dan yang paling efektif untuk melindungi kita? •       Yok kita langsung ke jenis2 masker…. 1.       Masker Kain ·          Dapat dibuat dari berbagai macam jenis kain, dan oke2 aja sih. Tapi ada beberapa hal yang harus temen2 perhatikan dalam memilh masker kain ·          Carilah masker kain yan berlayer/berlapis ·          Carilah yang tidak membuat temen2 sesek atau susah napas ·          Carilah masker yang pas menutup hidung, mulut, hingga dagu ·          Cari masker yang ada kawat hidungnya ·          Masker tidak nerawang ·          Jenis masker kai

Makanan Sehat itu Seperti Apa Sih?


Hello welcome back to my blog channel!

Uhuy, balik lagi sama Yunike disini di channel blog ini yang amat sangat menginspirasi khalayak ramai. Wkwkwkwk giblik ah. Yo masih di series #OTWDiet karena mungkin yang baca ini belum diet dan masih tahap kenalan sama pola-pola diet. Di series ini, gue bakal mencoba sharing menurut ilmu yang gue punya yang udah gue pelajari dan tentunya gue lakukan dalam diet gue. 

Kenapa sih ga langsung bagi aja tips diet?

Ya, sebenernya bisa ya langsung bagi tips diet, tapi gue gamau. Gue mah pelit orangnya wkwkwk.

Jadi gini, nanti diakhir series gue bakal kasih tips diet yang sedang gue jalani sekarang. Tapi bukan cuman soal bagi tips diet aja, tapi gue juga mau sharing ilmu yg pernah gue dapet pas kuliah, sedikit ilmu gizi yang gue pelajari dan yang gue tahu, supaya temen2 yang mau diet juga teredukasi. Engga asal kurus aja, tapi juga masih sehat dong. Temen2 jadi tau mana diet yang cocok buat tubuh kalian. Dan, temen2 juga tau kira2 diet yang sehat itu yang kayak gimana.

Hal ini bermula ketika gue melihat ada beberapa temen gue yang ngaco dalam berdiet sampe dia sakit. Nah, akhirnya gue punya keresahan dalam hati dan tergerak buat bikin series tentang diet. Mungkin ini isinya bakal melebar meluas yakan, karena diet itu ya spektrumnya luas. Spectrum apaan yunikeeee wkwkwk maksudnya pembahasannya luas melebar gitu banyak aspek yang dibahas. Berharap semoga temen2 ga cuman ngebet turun berat badan aja, tapi temen2 juga jadi paham sama tubuh sendiri, jadi paham kesehatan juga. Ya karena gue anak kesehatan masyarakat juga, jadi gue pengen berbagi untuk ikut dalam menyehatkan masyarakat. Begituuuhhhh. WKWKWKWK. Sok yess batsss!
Yakkk, kali ini kita akan ngomongin soal makanan.

Makanan yang sehat itu yang kayak gimana sih?

Nah loh, ini jawabannya luas banget wkwkwk bisa dilihat dari berbagai macam aspek. Kalo aspek ekonomi misalnya, makanan yang sehat ya makanan yang harganya murah, karena sehat bagi kantong wkwkwkk

Makanan yang sehat ditinjau dari segi kesehatan tentunya makanan yang berasal dari sumber2 makanan yg baik secara kuantitas dan kualitas,  diolah dengan cara yang higienis serta tidak menghilangkan zat gizi dalam makanan serta tidak ditambahkan bahan tambahan makanan secara berlebihan, menggunakan peralatan yang baik dan tidak mengandung bahan berbahaya, dimasak di lingkungan yang higienis oleh orang yang higienis juga, dan disajikan dengan cara yang higienis pulak.

Ribet gatuh?
Itu menurut permenkes yaaaa wkwkwkk. Makanan sehari-hari gue yakan wkwkwk. Kurang lebih emang begitu kalo berdasarkan ketentuan atau standar pemerintah yang mana disini adalah kementerian kesehatan Republik Indonesia. Aseeekkkk, simpelnya gini *ya meskipun pembahasannya engga simpel sih wkwkwkwk

Pertama, sumber makanan. 

Sumber makanan berasal dari sumber-sumber makanan yang baik. Baik secara kuantitas dan baik secara kualitas. Misalnya kita mau beli sayur nih bokkk, kita harus lihat dulu. Pertama kuantitas, kita mau beli seberapa banyak, tentunya sesuai dengan porsi kita. Kalo beli banyak gimana nanti penyimpanan makanannya? Pastinya dipikirin dong, kalo misal buat 2 hari porsinya seberapa nih? Belinya berapa banyak nih? Gituuuu. 

Kalian mungkin pernah ya denger dengan “Isi Piringku” salah satu promkes tentang gizi dari kemenkes. Itu ngatur porsi makanan yang kita makan dalam sekali santap.
Disitu dijelasin kalo karbohidrat porsinya 2/3 dari ukuran ½ piring. Nah karbohidrat itu macem2 boskuuu. Nah, yang perlu diperhatikan untuk manusia2 diet macem kita ini adalah, cari karbohidrat kompleks atau cari yang kalorinya rendah. Apa aja??? Next post aja lah yaaa wkwkwkk tunggu ajahhh. *siapa yang mau nunggu kalo cuman digantungin :’((

Selain karbohidrat, ada juga protein atau lauk pauk, yang porsinya 1/3 dari ½ piring. Protein juga macem2 boskuuu udah paham lah yaaa, cuman ini yang masih misteri manakah protein tinggi, protein sedang, protein rendah? Atau manakan yang berkalori rendah? Nahhh… itu yang akan dibahas nanti per-part yaa. Kalo protein ya macem telur, ikan, daging ayam, daging sapi, tempe, tahu, dan kawan2nya.

Karbohidrat, protein, selanjutnya buah atau vitamin lahh ya. Porsinya juga 1/3 dari ½ bagian piring. Terus yang terakhir ada sayuran atau serat dan mineral dan vitamin wkwkwkk ini porsinya sama kayak karbohidrat 2/3 dari ½ bagian piring. Untuk makanan mana yang kalorinya rendah makanan mana yang kalorinya agak ngeri. Next post aja ya boskuuu. Kalo jadi satu disini kalian pasti males bacanya. Teramat sangat panjang sis. Jadi, nanti #OTWDiet akan ada lumayan banyak postingan wkwkwkk. Sabar ya, dibaca satu-satu, pastinya sangat berguna.

Secara kuantitas udah oke lah yaaa, yang ga kalah penting adalah memilih bahan baku makanan. Tentunya dipilih yang bentuknya masih bagus, yang masih fresh, yang engga busuk. Ini apa perlu jug ague kasih tau gimana cara milih bahan makanan yang bener? Ya ampunnn lama2 gue sekolah kuliner WKWKWKWK ya intinya milih bahan makanan yang syantik lah yaaaa, udah tau lah ya, gausah dikasih tau, panjang nanti wkwkwkk

Kedua, cara memasak.

Nah, cara memasak paling enak tuh diapain sih?
Digoreng. Kalo gue sih wkwkwkk. Gurih renyah enak jadi semangat buat makan, alhasil yaudah bablas wkwkwkwk. Duh gorengan memanglahhh.

Padahal memasak makanan dengan cara digoreng taulah ya ga sehat. Selain nambah kolesterol juga nambah lemak ahhhh ga banget lah pokoknya. Yang paling bener ya dimakan mentah wkwkwk misal buah dan sayuran. Kalopun dimasak ya jangan terlalu lama biar zat gizinya tidak hilang dan pergi bersama dengan kenangan. *elahh baper. Tapi kalo daging ya harus benar2 mateng ya, soalnya kontaminasi bakteri lebih besar dia. Nah dalam memasak juga penting nih soal bahan tambahan makanan. Apakah itu? Yaaaa macem mecin2 itu lah, penyedap, pengawet, pewarna, pengental,pengembang, dsb. Boleh digunakan sesuai dengan anjuran ya. Sewajarnya. Yang berlebihan kan ga baik, termasuk rasa cinta. Apalagi kalo yg dicintai ternyata tidak mengerti apa yang kita rasakan. Hiksss :’((

Nah ada lagi nih yang kadang kurang diperhatiin. Peralatan memasak. Pastikan peralatannya bersih dan tidak mengandung bahan2 berbahaya bagi kesehatan. Misalnya bahan plastik yang engga food grade, yang kalo kena panas mengeluarkan senyawa yang berbahaya bagi tubuh. Ada 7 macam plastik lohhh. Huhuuuuu kalian sudahkah tau? Wkwkwk kalo belum ya kapan2 saya bikinin lagi yaa post soal 7 jenis plastik. Mana yang emang digunakan untuk makanan, mana yang sebaiknya tidak digunakan untuk makanan. Mana yang sekali pakai, mana yang boleh dipakai berulang2.Singkatnya nihhh, cari yang food grade. Dah itu udah nyicil aman. Ga cuman plastik tapi juga bahan2 yang lain, misal logam2. Apakah itu stainless, tahan karat, terbuat dari apakah? Apakah berbahaya? Apakah melepaskan senyawa beracun? Nahh, sampai seperti itu pengawasan untuk makanan yang sehat.

Ketiga, faktor lingkungan.

Ini juga penting. Kenapa kasus diare di Indonesia masih tinggi , ya karena masih banyak lingkungan penyajian makanan yang kurang layak bahkan tidak layak. Jelas dong kita tau, lingkungan yang layak untuk penyajian makanan itu yang kayak gimana? Pastinya bersih, tidak ada sampah berserakan, tidak ada binatang pengganggu termasuk serangga, tikus, kucing, dsb. Tidak berdekatan dengan tempat sampah atau pembuangan limbah. Sumber airnya jelas harus air yang bersih. Again itu menurut kementerian kesehatan ya bokkk. Uh lalaaaa anak kesling uhhhh hemmm. *kontab kon!

Nah di Indonesia ini kan pada kebal2 tuh tubuhnya. Wkwkwk. saya akui memang Indonesia hebatt. Dengan santainya mereka makan di pasar, ini nih yang sering gue temui. Di pasar kan banyak lalat, banyak kotoran gitu, iyuhhhhh banget lahhh. Ya, gue ga suka pasar. Aku bukan anak pasar. Mendinglah gue ke super market, harga mahal gapapa yang penting bersih wkwkwkk. Kayak banyak yang gue lihat mereka makan di warung yang sampingnya itu tempat sampah pasar. Kok bisaaaa???? Hebat kan. Nah, sebaiknya jangan ya. Cari yang aman-aman aja.

Keempat, diolah oleh orang yang sehat dengan perlakuan higienis. 

Misalnya orang sakit hepatitis B, yang kita tau penularannya bisa lewat cairan tubuh. Bisa aja pas menghidangkan eh tangannya keiris darahnya secara ga sengaja masuk ke makanan eh lha jadinya malah kita tertular. Sakit TBC, sakit diare, tipus,dan sakit yang menular lainnya , dan bisa ditularkan lewat makanan. Kalo ilmu kesehatan nyebutnya food borne disease, penyakit yang media transmisi atau media penularannya lewat makanan. Jadi, penting ya makanan yang sehat diolah dan disajikan oleh orang yang sehat juga. 

Terakhir, disajikan dengan cara yang higenis. 

Ya ini nyambung sama point sebelumnya. Makanan ditutup, disajikan di piring yang bersih, di peralatan yang bersih. Tidak terkontaminasi dengan serangga atau binatang. Gitu gitu lah yaaa.

Oh iya, ada lagi. Tempat penyimpanan. Tentunya bahan makanan harus disimpan di tempat yang sesuai dengan petunjuk penyimpanannya ya. Jelas tempat yang bersih. Harus tuh. Nah berhubungan juga nih sama botol2 plastik ya bokk. Kan sering banget tuh bukibukk make taperwer yang kalo anaknya make trus diilangin dendam kesumat sampe maut memisahkan. Dibahasss mulu. Ya ampunnn apakah taperwer ini segalanya bagimu, wahai ibuk ibukkk?? Nah penting nih bagi kita tau sifat2 plastik macem itu. Nah ntar deh habis post ini gue kasih ulasan soal jenis plastik sifat2nya kegunaan penggunaan dan resikonya.
Okeyyy, sekian dulu sharing soal makanan sehatnya yaaa.

Makanan sehat penting banget dong buat kita2 yang lagi proses menuju tubuh ideal dan sehat. Kalo di hastag sih #OTWDiet yakan wkwkwkk Ternyata makanan sehat itu luas ya aspeknya, sampe gue pun yang ngeshare agak2 lelah wkwkwkk biasanya gue bikin satu topik selesai dalam sehari. Tapi ini topik sampe 2 hari, luar biasaaaa nakkkk.

Yappsss!! Semoga membantu, see you on my next post!
God bless youuuuu

Comments

Popular Posts